Warga Sikh Kanada memprotes pemerintah India atas pembunuhan militan

Uncategorized181 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaPenduduk orang Sikh Kanada melancarkan protes kecil di luar kedutaan India pada hari Senin, seminggu setelah Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan mungkin ada hubungan antara New Delhi dan pembunuhan seorang aktivis Sikh di British Columbia.

Perdana Menteri Justin Trudeau Seminggu yang lalu dia berdiri di Parlemen dan mengatakan bahwa badan intelijen dalam negeri secara aktif mengejar tuduhan yang diyakini menghubungkan pejabat New Delhi dengan pembunuhan warga negara Kanada Hardeep Sing Ninja, 45. pada bulan Juni.

Sekitar 100 pengunjuk rasa di Toronto membakar bendera India dan memukul gambar karton Perdana Menteri India Narendra Modi dan sepatu. Sekitar 200 pengunjuk rasa berkumpul di luar konsulat Vancouver.

Di Ottawa, kurang dari 100 orang berkumpul di depan Komisi Tinggi (Kedutaan Besar) India di ibu kota. Mereka mengibarkan bendera kuning untuk melambangkan dunia.”Khalistan“, yang mengacu pada dukungan mereka untuk menjadikan wilayah Punjab di India sebagai negara merdeka bagi Sikh, sebuah tujuan yang dikampanyekan oleh Ninja.

“Kami sangat berterima kasih kepada Justin Trudeau… Kami ingin segala sesuatunya dilakukan untuk mengungkap aksi teror ini,” kata pengunjuk rasa Reshma Sing Bolinas di Ottawa. Kanada harus memberikan tekanan pada India untuk menghentikan “pembunuhan orang tak bersalah di masa depan.”

Kanada adalah rumah bagi sekitar 770.000 orang Sikh – populasi Sikh terbesar di luar negara bagian asal mereka di Punjab – dan dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi beberapa demonstrasi yang membuat marah India.

India menyebut tuduhan Trudeau “tidak masuk akal”. Pekan lalu, badan tersebut memperingatkan para pelancong bahwa ada peningkatan “aktivitas anti-India” di Kanada, dan mendesak mereka untuk “berhati-hati” tetapi tidak memberikan bukti atau rincian tentang apa yang terjadi.

Baca Juga  Asian Badminton Games 2023 Selasa 3 Oktober: Anthony Ginting dan Jonatan Christie Read

Tuduhan ini telah menyebar ke komunitas Sikh di Kanada. Sikh hanya berjumlah 2% dari 1,4 miliar penduduk India, namun mereka merupakan mayoritas Punjabnegara berpenduduk 30 juta jiwa, tempat agama mereka lahir 500 tahun lalu.

Kuljeet Sing, seorang pengunjuk rasa di Toronto dan anggota Sikhs for Justice, mengatakan, “Pemerintah India menggunakan metode korup untuk melemahkan kedaulatan Kanada.”




Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *