Wakil Presiden Indonesia mengatakan bahwa Ramadhan adalah perayaan bagi umat Islam

Uncategorized67 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Bahasa Indonesia Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuturkan, Ramadhan yang hari pertamanya jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 menjadi bukti bagi umat Islam bahwa Ramadhan adalah salah satu cara mendidik diri untuk menyucikan diri.

“Persiapan jasmani dan rohani hendaknya dilakukan oleh setiap muslim ketika menerima Ramadhan karena mereka akan berpuasa dan meningkatkan ibadahnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Persiapan mental dilakukan dengan cara menyucikan seseorang niat dan ibadahnya hanya untuk menjadikan diri kita orang yang bertakwa. orang, “kata Amin.

Dalam video pidatonya di Jakarta, Senin, Amin menyoroti tiga manfaat puasa yang bisa diikuti oleh setiap umat Islam.

Manfaat yang pertama adalah secara spiritual, karena puasa Ramadhan akan membuat umat Islam bisa bersabar dan mengendalikan diri dalam lapar.

“Hal ini penting karena setiap orang mempunyai hasrat seksual yang bisa membuat orang berbuat buruk. Puasa merupakan cara yang efektif untuk mengendalikannya,” kata Wapres.

Kemaslahatan yang kedua bagi masyarakat, karena umat Islam dituntut untuk berperilaku tertib dan tertib serta memperlakukan satu sama lain secara setara tanpa membeda-bedakan berdasarkan status sosial manusia, ujarnya.

Amin juga menyoroti manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan fisik.

“(Puasa Ramadhan) mengharuskan kita menjaga kebersihan bagian tubuh. Hadits kita juga mengatakan, puasa membuat kita merasa baik,” kata Wapres.

Sementara itu, Amin mengatakan masyarakat Indonesia telah menggunakan hak pilihnya pada pemilu Februari lalu dan menegaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang baik untuk mengatasi konflik politik yang muncul dalam pemilu tersebut.

Namun, kita tidak boleh membiarkan pemilu atau faktor lain merusak persaudaraan umat Islam dan masyarakat Indonesia, tegasnya.

Ia menekankan, Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan hubungan antarmanusia dan memajukan persatuan Islam di kalangan umat Islam dan persaudaraan antar bangsa dan umat.

Baca Juga  Erick Thohir menunjuk Tsamara Amany sebagai agen khusus, berikut alasannya

“Seiring kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keselamatan dan kesejahteraan negeri kita tercinta Indonesia, marilah kita menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah dengan penuh suka cita, dengan niat dan keimanan yang benar,” kata Wakil Bupati.

Amin mengatakan, “Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan pertolongan dan rahmat-Nya serta menjadikan Ramadhan tahun ini yang terbaik untuk kita semua.”

Di tengah-tengah

Pilihan Editor: 10 Negara Terbaik di Dunia menurut Forbes Radar

klik disini untuk mendapatkan update terkini dari Tempo dan Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *