Unissula akan menggelar wisuda empat kali dalam setahun untuk mencegah kemacetan di Jalan Kaligawe.

Uncategorized183 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaRektor Universitas Islam Sultan Agung atau Unisula Gunarto mengatakan, mulai tahun depan pihak sekolah akan menerapkannya kelulusan empat kali setahun. Proses ini dilakukan untuk mencegah kemacetan yang terjadi pada hari wisuda.

“Saat ini kami menyelenggarakan empat wisuda setiap tahunnya,” kata Gunarto usai melaksanakan wisuda Unissula ke-87 di Auditorium Unissula Semarang, Sabtu, 16 Desember 2023.

Unissula biasanya mengadakan wisuda dua kali dalam setahun. Namun berdasarkan pengalaman, acara wisuda menimbulkan permasalahan lalu lintas yang besar di sekitar kampus.

“Karena jika wisuda dilakukan dua kali dalam setahun, jumlahnya bisa mencapai 1.800-2.000 wisudawan sekaligus, sehingga Jalan Kaligawe depan sekolah ditutup,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Unissula itu.

Jalan Kaligawe Semarang, tempat sekolah itu berada, merupakan jalan utama Surabaya-Jakarta yang melewati Pantai Utara Jawa Tengah. Jalanan selalu ramai dengan mobil-mobil besar.

Selain itu, dengan jumlah wisudawan yang banyak, maka wisuda yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, proses wisuda berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Sementara itu, waktu ini semakin berkurang dan pekerjaan meninggalkan waktu.

Jika wisuda dilaksanakan empat kali dalam setahun, menurut Gunarto, proses wisuda bisa lebih singkat. Tunggu dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Periklanan

Oleh karena itu, waktu wisuda bukanlah jam sibuk. Saat ini wisuda selesai pada pukul 16.00 atau pukul 16.00 WIB saat saya pulang kerja, kata Gunarto.

Gunarto mengatakan Unissula juga ingin berkontribusi dalam memperlancar jalan Jakarta-Surabaya. “Iya, tidak menimbulkan kemacetan. Jadi, mulai tahun depan para wisudawan sudah lebih nyaman,” ujarnya.

Dalam wisuda yang dilaksanakan Sabtu kemarin, Unissula meluluskan 54 orang mahasiswa, baik program diploma 3 (D-3), sarjana, magister, dan doktor dari berbagai program pendidikan. Saat ini Unissula mempunyai 19.000 mahasiswa aktif.

Baca Juga  Menteri Agama mengucapkan selamat kepada 100 umat Katolik atas pendidikan Indonesia

Gunarto juga menyampaikan mahasiswa Unissula terus bertambah. Pada tahun 2023, jumlah mahasiswanya mencapai 7.350 orang, tertinggi di antara seluruh perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. Sedangkan untuk program studi, Sebanyak 41 program studi di Unissula telah terakreditasi maju atau mencapai 80 persen. “Tahun 2027 ini kami fokuskan pada seluruh prodi yang ada di Unissula agar bisa sukses tercapai,” ujarnya.

Pilihan Editor: Satu orang guru Unissula mendapat 5 hak paten, ada produk sabun dan pupuk organik.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *