Top Dunia Ketiga: DK PBB Bahas AS – Irak, Pers Asing Prabowo

Uncategorized36 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Kemarin 3 besar dunia dimulai di PBB atau PBB yang mengadakan pertemuan darurat membahas serangan AS ke Irak dan Suriah. AS menginvasi Irak, menewaskan 16 orang termasuk anak-anak.

Kabar lainnya, media asing menampilkan dua posisi Prabowo Subianto hingga Zelensky memecat panglima Rusia di Ukraina. Berikut penjelasannya:

1. DK PBB mengadakan pertemuan darurat besok untuk membahas invasi AS ke Irak dan Suriah.

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan darurat pada Senin sore mengenai serangan AS terhadap Irak di Suriah. Sebuah serangan Amerika Serikat itu dimulai untuk membalas kematian tiga tentara Amerika.

Pertemuan Dewan Keamanan PBB meminta Rusia menjadi anggota tetap. Menurut sumber diplomatik, pertemuan itu berlangsung pada Senin pukul 16.00. Pertemuan tersebut akan membahas tindakan keras Washington terhadap kelompok pro-Iran yang dituduh menyerang pasukan AS di wilayah tersebut.

Militer AS pada hari Jumat meluncurkan tindakan pertama yang menurut para pejabat Amerika akan menjadi respons “multi-segi” terhadap serangan Pasukan Quds Iran dan milisinya di Timur Tengah, kata para pejabat pertahanan AS.Al Arabiya English.

Komando Pusat Amerika Serikat mengatakan pasukannya melakukan serangan udara di Irak dan Suriah terhadap Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC-QF) Iran dan pasukan sekutu. “Militer AS menyerang lebih dari 85 sasaran, dengan beberapa pesawat termasuk pembom jarak jauh yang diimpor dari Amerika Serikat. Serangan udara tersebut menggunakan lebih dari 125 rudal presisi,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.

Serangan AS di Irak menewaskan 16 orang termasuk warga sipil, dan melukai 25 orang. Kantor Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, pada Sabtu 3 Februari 2024, mengutuk serangan itu sebagai “serangan baru terhadap pemerintah Irak”. Baghdad membantah bahwa serangan itu diatur oleh pemerintah Irak dan Washington. “Ini bohong.”

Baca Juga  Menkes Minta Masyarakat Tak Panik Meski Covid-19 Varian Eris Sudah Masuk ke Indonesia

Kehadiran pasukan militer pimpinan Amerika di kawasan “telah menjadi dasar ancaman terhadap keamanan dan stabilitas di Irak dan pembenaran atas keterlibatan Irak dalam konflik regional dan nasional,” tambah pernyataan itu.

Komando Pusat Amerika Serikat mengatakan pasukannya melakukan serangan udara di Irak dan Suriah terhadap Korps Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC-QF) dan pasukan sekutu.

Baca di sini informasi yang cukup.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *