Tips menjaga kesehatan mata saat puasa Ramadhan

Uncategorized109 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Seperti halnya kesehatan pada umumnya, kesehatan mata juga penting untuk dijaga saat berlari Ramadhan adalah puasa. Hindari mata kering akibat kekurangan air.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankannya kesehatan mata selama puasa Ramadhan agar tidak terjadi masalah dan visi yang serius kedepannya.

Penuhi kebutuhan air tubuh Anda
Saat berpuasa, usahakan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan meminum 2,5 liter air di pagi hari dan berbuka. Dehidrasi dapat menyebabkan atau memperburuk mata kering.

Tidur yang cukup
Mata lelah dan kering dapat menyebabkan insomnia. Saat Anda berpuasa di bulan Ramadhan, usahakan untuk tidur minimal enam jam sehari agar mata tidak cepat lelah.

Makan makanan yang sehat dan bergizi
Menjaga kesehatan mata dimulai dengan makan sehat. Beberapa makanan sehat mengandung asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tersebut baik untuk mata dan membantu mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak. Saat Anda cepat tidur dan bangun, cobalah untuk merencanakan makanan Anda dan mengonsumsi makanan tersebut secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan mata. Contoh makanan sehat adalah sayur mayur, buah-buahan, ikan salmon, dan buah-buahan seperti jeruk dan beri.

Berhenti merokok
Ramadan oleh karena itu kesempatan sempurna untuk mendetoksifikasi tubuh dari rokok. Merokok dapat merusak jaringan mata. Penelitian telah menunjukkan dampak negatifnya terhadap penglihatan, terutama mendorong degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan, dan katarak.

Periklanan

Perhatikan kadar gulanya
Penderita diabetes yang terkontrol, melalui pola makan atau pengobatan, dapat berpuasa selama Ramadhan. Hubungi dokter agar dapat menggantinya dengan obat yang mudah digunakan di luar jam puasa. Pasien yang membutuhkan insulin untuk mengontrol gula darah sebaiknya tidak berpuasa. Penderita diabetes harus memeriksa kadar gula darahnya sepanjang hari dan menghindari makanan fermentasi. Retinopati diabetik adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling serius dan dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga  Beberapa kasus pembunuhan sempat menghebohkan masyarakat, yang terbaru melibatkan mayat di dalam tas

Jangan tinggalkan permainan
Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mengurangi risiko berbagai penyakit mata umum seperti katarak, degenerasi makula terkait usia, dan glaukoma. Latihan kardiovaskular dapat menurunkan tekanan intraokular, tekanan pada mata yang menjadi penyebab utama glaukoma. Olahraga teratur merupakan hal terpenting yang harus dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang menyebabkan gangguan penglihatan dan penyakit mata. Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke saraf optik dan retina.

Periksa matamu
Inspeksi yang disarankan adalah setahun sekali. Gejala apa pun yang tidak biasa, seperti penglihatan kabur, penglihatan buruk, harus segera diperiksa untuk mencegah kerusakan mata. Demikian pernyataan Optik Melawai.

Pilihan Redaksi: Profesor FKUI menyebutkan keterkaitan puasa Ramadhan dengan upaya pencegahan glaukoma



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *