Tidak Lulus UTBK SNBT 2024, Apa yang Harus Dilakukan?

Uncategorized51 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Pengumuman hasil ujian tertulis berbasis komputer untuk seleksi nasional berdasarkan ujian atau UTBK SNBT dijadwalkan pada Kamis, 13 Juni 2024. Peserta dapat mengecek hasil seleksi di halaman Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Nasional (SNPMB) atau https://snpmb.bppp.kemendikbud.go.id. Cara mengeceknya dengan memasukkan nomor registrasi SNBT dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia.

Jika status peserta menyatakan belum lulus, bukan berarti kesempatan melanjutkan studi sudah berakhir. Sebab, masih banyak pilihan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa meraih sekolah idaman meski gagal di SNBT 2024?

1. Berpartisipasi dalam Pilihan Pribadi

Peserta yang tidak lulus UTBK dapat mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan oleh universitas mana pun. Pilihan mandiri bagi mahasiswa baru ada banyak jenisnya, seperti pilihan bersama dengan Kementerian Pendidikan Tinggi (PTKL) dan pilihan mandiri yang dibuka masing-masing PTN.

Keterangan dari Instagram resmi SNPMB BPPP, jam buka daftar seleksi privat tiap PTN tidak sama. Jadi, peserta harus mengecek langsung di website resmi PTN sasaran. Hanya beberapa PTN yang membuka dua gelombang untuk pendaftaran mandiri. Oleh karena itu, perhatikan waktu, prosedur, dan persyaratan pendaftaran.

Periksa kembali apakah mahasiswa baru memenuhi syarat untuk mendaftar secara mandiri, karena standarnya ditentukan oleh masing-masing PTN.

2. Pertimbangkan sekolah negeri

Sekolah negeri mungkin bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Pada tahun 2024, pemerintah mengalokasikan total 3.445 sekolah negeri yang akan diikuti oleh delapan kementerian/lembaga yang membidangi sekolah negeri.

Delapan sekolah dari kementerian/lembaga tersebut adalah, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN – STAN), Siber ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​ ​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​dan Politeknik Kripto Negara ( Poltek SSN), Sekolah Tinggi Statistika (STIS), Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). ).

Baca Juga  Anies Baswedan mengajak Indonesia ikut memimpin kemajuan global dalam debat capres ketiga

Atau akademi kepolisian (Akpol), masuk Akademi Militer (Akmil). Dalam proses seleksinya, peserta tidak hanya menghadapi tes tertulis, namun juga tes psikologi, wawancara, serta kesehatan dan kebugaran.

Periklanan

Daftar juga di universitas swasta…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *