Thaksin Shinawatra siap diadili karena menghina Kerajaan Thailand

Uncategorized3 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra pada Sabtu, 8 Juni 2024, memastikan partainya siap menghadapi tuduhan menghina Kerajaan Thailand yang bisa menjadi kemunduran politik baginya. Militer Thailand, yang menggulingkan pemerintahan kakak laki-lakinya Yingluck Shinawatra, menuduh Thanksin.

Pemerintahan Thailand saat ini adalah teman dekat militer Thailand. Thaksin merupakan salah satu pengusaha berpengaruh di Negeri Gajah Putih. Selain menghina kerajaan Thailand, dia juga bisa didakwa melanggar undang-undang kejahatan komputer.

Thaksin menyatakan akan memenuhi panggilan jaksa pada 18 Juni 2024. Namun, dia belum mengetahui tuntutan yang menjeratnya. Meski begitu, dia bersedia melawannya.

“Ini adalah pesan palsu. “Kasus ini tidak ada dasarnya,” kata Thanksin kepada wartawan.

Thaksin, 74 tahun, membantah melakukan kesalahan dan berjanji setia kepada Presiden. Kritik terhadap kerajaan Thailand dilarang di Thailand berdasarkan undang-undang lese-majeste yang kontroversial. kerajaan Thailand adalah salah satu yang terkuat di dunia.

Thaksin berada di urutan teratas dalam daftar 270 orang yang diadili dalam beberapa tahun terakhir karena melanggar undang-undang lese-majeste. Berdasarkan undang-undang tersebut, mereka yang terbukti bersalah dapat menghadapi hukuman hingga 15 tahun penjara jika melakukan penghinaan terhadap keluarga kerajaan Thailand.

Periklanan

Thaksin adalah pendiri Partai Pheu Thai. Anggota keluarga Shinawatra memenangkan hampir seluruh pemilu Thailand. Tiga pemerintahan Shinawatra digulingkan oleh keputusan politik atau pengadilan.

Miliarder, pulanglah Thailand pada tahun 2023 setelah 15 tahun mengungsi ke negara lain. Dia tetap menjadi tokoh utama selama pergolakan politik yang sering terjadi di Thailand.

Sumber: Reuters

Pilihan Editorial: Mantan PM Thaksin Shinawatra dituduh menghina Raja Thailand

Ikuti berita terkini dari Tempo.co dan Google News, klik Di Sini

Baca Juga  DKI kemarin, pemberian rotavirus hingga fasilitas Piala Dunia di JIS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *