Sri Mulyani membeberkan anggaran bansos pada 2024 meningkat tajam menjadi 135 persen

Uncategorized101 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Menteri Keuangan atau Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bantuan pemerintah atau anggaran Bansos mengalami peningkatan yang signifikan. Hingga 29 Februari 2024, realisasi anggaran kemanusiaan mencapai Rp9,6 miliar.

Anggaran bansos kita melonjak signifikan dari Rp9,6 triliun menjadi Rp22,5 triliun atau meningkat 135 persen dibandingkan tahun lalu, ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR di Senayan, Selasa, 19 Maret 2024.

Pemahaman ini mempunyai lima tingkatan. Pertama, untuk Kemensos besarannya Rp12,8 triliun. Rinciannya antara lain penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) kepada satu juta penerima manfaat atau KPM dan Kartu Sembako kepada 18,7 juta KPM.

Lalu, untuk Kementerian Kesehatan sebesar Rp7,7 triliun. Anggaran ini diperuntukkan bagi subsidi penerima manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi 96,7 juta peserta.

Sejauh ini untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebesar Rp 900 miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 1.000 pelajar dan Kartu Indonesia Pintar (Kip) untuk perguruan tinggi untuk 105,1 ribu pelajar.

Kementerian Agama mendapat belanja berikutnya sebesar Rp1,1 miliar untuk kebutuhan bantuan pendidikan. Bantuan PIP untuk 1,4 juta mahasiswa dan KIP Kuliah untuk 11,1 ribu mahasiswa.

Terakhir, Rp 800 miliar dialokasikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai bantuan darurat tanggap bencana.

Berikutnya: Sri Mulyani menjelaskan statistik bantuan pangan yang disalurkan….



Quoted From Many Source

Baca Juga  Israel diduga menghalangi penyelidikan pelanggaran hak asasi manusia dalam serangan 7 Oktober

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *