Seringkali psikolog menyebut ADHD sulit dicegah

Uncategorized125 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Banyak sekali jenis masalah kesehatan mental sehingga sering kali masyarakat salah memahami setiap kondisinya. Ini adalah kasus multitasking gangguan defisit hiperaktif atau ADHD.

Memang benar, ini bukan segalanya cacat mental bisa dijelaskan, ada pula yang masih diselidiki. Misalnya, beberapa orang mengatakan bahwa masalah mental mereka berkaitan dengan makanan, vaksin, atau paparan alergen di usia muda, namun pendapat ilmiah tidak mendukung gagasan tersebut.

Lalu, apa penyebab ADHD? Hilangkan anggapan bahwa masalah ini juga berdampak pada penggunaan teknologi pada anak-anak dan remaja. Masalah ini bisa terjadi pada seseorang sejak lahir dan masa kanak-kanak dan bukan hanya karena pengaruh lingkungan dan perilaku di kemudian hari.

“ADHD adalah kelainan perkembangan saraf yang muncul sejak lahir,” kata J. Russell Ramsay, psikolog dan pensiunan profesor psikologi di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania. Amerika Serikat Hari Ini.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ADHD disebabkan oleh faktor genetik, perkembangan, dan terkait risiko selama kehamilan.

Emma Hepburn, psikolog dan penulis menjelaskan, “Beberapa faktor risiko perkembangan ADHD termasuk kelahiran prematur, paparan alkohol dan tembakau pada janin, dan berat badan lahir rendah.” Alat untuk Emosi Anda.

Periklanan

Pengaruh faktor eksternal
Selain faktor-faktor tersebut, ada juga pengaruh eksternal yang memperburuk keadaan, gen yang memperbaiki faktor lingkungan dan stres. Beberapa faktor eksternal antara lain penggunaan teknologi dan paparan zat beracun seperti timbal. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana dampak ini.

ADHD sendiri bukanlah suatu kondisi yang dapat dicegah. Apalagi jika kondisi tersebut bersifat bawaan. Cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola hidup sehat selama hamil dan menghindari paparan zat beracun yang dapat berdampak pada janin. Misalnya, ibu tidak boleh merokok dan minum alkohol selama hamil.

Baca Juga  Anies Muhaimin 2024 Trending di Twitter

Setelah melahirkan, pencegahan dapat dilakukan melalui pola asuh yang tepat. “Memberikan dukungan anak usia dini yang kondusif bagi perkembangan mental dan fisik yang sehat dan mengurangi risiko masalah kesehatan mental“saran Hepburn.

Pilihan Editor: Perilaku yang menunjukkan Anda menderita ADHD



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *