Seperti halnya Jokowi, Anwar Ibrahim juga menyatakan akan merestrukturisasi jabatannya

Uncategorized189 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Seperti di Indonesia, reorganisasi kabinet Dikatakan juga terjadi di Malaysia, tapi Perdana Menteri Anwar Ibrahim menegaskan perombakan kabinet tidak dilakukan hari ini, Rabu 4 Oktober 2023.

Isu pergantian menteri mencuat usai pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Dewan Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru-baru ini.

Instansi pemerintah Malaysia mungkin akan melakukan perubahan, kata Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi seperti dikutip oleh media pemerintah. Namanya.

Dia mengatakan, salah satu alasan pergantian menteri adalah untuk memenuhi perdagangan perumahan dan biaya hidup akibat meninggalnya menteri sebelumnya Salahuddin Ayub pada Juli lalu.

Ada spekulasi kemungkinan reshuffle yang melibatkan beberapa kementerian.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan pekan lalu bahwa dia akan “memikirkan” perubahan.

Anwar memimpin pemerintahan koalisi yang terdiri dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu, Partai Malaysia Timur dan beberapa partai kecil.

Namun, Perdana Menteri Anwar mengecilkan rumor pergantian jabatan pada Rabu ini.

Berbicara kepada wartawan pada upacara penutupan Forum Megatrend Khazanah ke-18 di sini, Anwar mengatakan masalah tersebut tidak ada dalam agenda pertemuan mingguan pra-Kabinet dengan Yang di-Pertuan Agong pada hari Selasa.

“Itu (pertemuan) tidak ada hubungannya dengan (perubahan),” kata Anwar. “Usai rapat Kabinet, saya akan berangkat ke Sabah (besok) dan Abu Dhabi (Kamis).”

Periklanan

Gerbang Kejutan melaporkan bahwa Anwar diperkirakan akan mengumumkan perombakan pada Rabu ini, hampir 11 bulan setelah ia menjabat pada November lalu.

Mengutip sumber anonim, portal berita tersebut mengatakan Anwar diperkirakan akan membuat pengumuman tersebut setelah rapat Kabinet dan sebelum kunjungan resminya ke Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Kamis.

Sementara itu, kata sumber FMT bahwa perwakilan MCA dan MIC dapat diangkat menjadi menteri dalam perombakan Kabinet yang diperkirakan akan berlangsung setelah pemilu Pulau Pelangai pada 7 Oktober 2023.

Baca Juga  DKI disarankan bentuk badan promosi wisata setelah tak jadi ibu kota

Sebuah buku berkata FMT bahwa pertemuan “tingkat tinggi” baru-baru ini diadakan untuk membahas pemilihan perwakilan partai daerah Barisan Nasional.

Detil perombakan Menteri kian menguat seiring dimutasinya para kepala pejabat pemerintah di lima kementerian pada Senin pekan lalu. Anwar mengatakan Jumat lalu bahwa dia “menunggu” perubahan tersebut.

Dua hari kemudian, Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi mengatakan bahwa perombakan Menteri akan segera terjadi karena belum ada yang ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan dan Industri menggantikan Salahuddin Ayub, yang meninggal pada bulan Juli.

REUTERS | FMT

Pilihan Editor Top Earth 3: Mumi berusia 128 tahun, Musk Meme untuk Zelensky, Smog, dan negara tetangga



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *