Sebelum berpuasa di bulan Ramadhan, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi ke dokter

Uncategorized120 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Pakar kesehatan dari RSUPN Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Martha Rosana, menganjurkan penderita diabetes terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter saat berpuasa, terutama saat menstruasi Ramadhan. Dokter dari Divisi Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam ini mengatakan, penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi jika pola makan dan nutrisinya berubah.

Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami komplikasi akibat perubahan asupan dan air yang masuk ke dalam tubuh, kata Martha dalam seminar online dari Jakarta, Sabtu, 24 Februari 2024.

Martha menjelaskan, penderita diabetes dapat menghadapi risiko komplikasi seperti hipoglikemia (gula darah rendah), hiperglikemia (gula darah tinggi), dehidrasi, dan diabetes ketosis (gula darah tinggi).

Ia mengatakan, penting untuk memeriksakan diri ke dokter agar penderita diabetes dapat memperoleh informasi mengenai skrining penggunaan narkoba, memantau kondisi kesehatan, dan mengidentifikasi faktor risiko komplikasi.

Menurutnya, pasien dengan risiko komplikasi yang rendah diperbolehkan mengambil lebih cepat dan pasien dapat berpuasa dalam jumlah notasi. Sementara itu, pasien disarankan untuk tidak berpuasa sama sekali. Seringkali, jika risikonya terlalu tinggi, puasa atau puasa berkepanjangan tidak dianjurkan. Apalagi bagi penderita diabetes yang tidak terkontrol, kata Martha.

Martha mengatakan, pasien risiko rendah diperbolehkan berpuasa dengan pengawasan dokter.

Dalam hal ini, dokter akan memeriksa penggunaan obat (modifikasi dan dosis), memantau hasil kadar gula darah, dan membantu mengatur pola makan sesuai kebutuhan pasien.

Menurut Martha, penderita diabetes disarankan mengonsumsi makanan seimbang, kaya serat seperti buah dan sayur, serta rendah lemak jenuh. . Penderita diabetes disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula dan minuman berkafein. “Jika di Puskesmas ada ahli gizi, mereka akan memberikan nasehat atau saran makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi,” kata Martha.

Baca Juga  Prabowo ingatkan pemerintahannya untuk tidak memaafkan, begitulah yang dikatakan PKS dan PPP

Pilihan Editor: Nasehat bagi penderita diabetes menghadapi Ramadhan

Hallo sahabat cantik ayo update informasi dan inspirasi untuk para wanita Telegram itu indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *