Puncak acara Festival Gandrung Sewu digelar hari ini di Pantai Boom, Banyuwangi

Uncategorized168 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – puncak acara Festival Gandrung Sewu dan Semarak Dirgantara akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2023 di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Jawa Timur. Tahun ini Festival Gandrung Sewu mengusung tema “Omprog, Seni Menuju Keagungan”.

Dikutip dari halaman banyuwangi Pariwisata, omprog merupakan mahkota penari gandrung yang tidak hanya bernilai seni tinggi namun juga penuh makna. Mahkota ini merupakan simbol pelindung kepala yang membuat penarinya selalu tahu dan bisa mengendalikan diri.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2012 merupakan salah satu program Kharisma Nusantara Kemenparekraf.

Festival Meras Gandrug

Sehari sebelum puncak acara, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengenakan omprog dan budaya tradisional “Meras Gandrung” di Pantai Boom Banyuwangi. Upacara Meras Gandrug menunjukkan bahwa seseorang siap menjadi ahli dalam memerangi penjahat. Penumpangnya adalah penari gandrung kondang asal Banyuwangi, Mbok Temuk.

“Selamat untuk kalian semua anak-anakku. Aku turut berbahagia untuk kalian semua yang telah bekerja keras selama lebih dari dua bulan dan ribuan penari yang menampilkan pertunjukan yang kita semua banggakan saat semuanya, Gandrung Sewu,” dikatakan. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat itu. menyemangati band tersebut di Pantai Boom Banyuwangi, Jumat 15 September 2023.

Tari Gandrung berasal dari kata “gandrung” dalam bahasa Jawa yang berarti “gila” atau “semua cinta”. Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tarian ini melibatkan penari wanita profesional yang memainkan gamelan bersama tamu (kebanyakan laki-laki). Lagu ini masih berbentuk ketuk tilu di Jawa Barat, tayub di Jawa Tengah dan Jawa Barat, lengger di daerah Banyumas, dan joged tubeng di Bali.

Periklanan

Penari Gandrung menari untuk festival ini selama dua bulan. Mereka seluruhnya merupakan siswa SD dan SMA se-Kabupaten Banyuwangi yang lolos seleksi.

Baca Juga  Pada awal pekan, harga emas Antam naik seribu

Ipuk juga mengatakan, Festival Gandrung Sewu turut membantu meningkatkan kesejahteraan warga yang terkena dampak langsung. Perumahan, hotel, restoran, perumahan, UMKM semuanya mendapat berkah dari ‘acara’ ini. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan berjuang mempertahankan Gandrung Sewu, ujarnya.

Festival Gandrung Sewu dan Semarak Dirgantara akan berlangsung pada 14 hingga 16 September 2023. Selain musik gandrung. Festival tahun ini sedikit berbeda karena akan dibarengi dengan pertunjukan udara TNI AU yang sedang berupaya terbang di angkasa. Tak hanya itu, pertunjukan paramotor dan pesawat olah raga juga akan menghiasi langit di Pantai Marina Boom.

Antara | WISATA BANYUWANGI

Pilihan Redaksi: Tari Gandrung dan Ketangkasan Sasak Pepadu Kembalikan Pariwisata Lombok Barat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *