Presiden Ma’ruf Amin Usulkan Pulau Galang Jadi Tempat Pengungsi Rohingya, Dimana?

Uncategorized97 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Ketua atau CEO Ma’ruf Amin ucapkan masukan Pengungsi Rohingya dan Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pernyataan ini muncul menanggapi penolakan pengungsi Rohingya di Aceh, Riau, dan Medan.

Laporan dari Di tengah-tengahMa’ruf Amin menekankan pentingnya kerja sama antar pemangku kepentingan untuk mengatasi permasalahan umat, pengungsi Rohingya Yang ini. Pemerintah Indonesia juga berencana melakukan negosiasi dengan UNHCR, badan pengungsi PBB.

Pertama kita punya Pulau Galang, nanti kita pertimbangkan apakah akan seperti itu,” kata Ma’ruf Amin usai menghadiri peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan peresmian 2024. .Indonesia Industrial Government University (I-GOV) 3 Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa 5 Desember 2023.

Para pemangku kepentingan memantau secara ketat langkah-langkah ini, termasuk Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, untuk mengantisipasi dampaknya dan memastikan pengelolaan yang baik.

“Saat ini kita tidak mungkin menolak, tapi tentunya kita juga berharap masyarakat Tanah Air tidak ditolak, dan betapa kita berharap tidak ada lagi yang mencalonkan diri di Indonesia. ” kata Ma’ruf.

Keistimewaan Pulau Galang

Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, bukan sekadar destinasi wisata biasa. Pulau ini menjadi saksi bisu sejarah perpindahan ratusan ribu warga Vietnam pada tahun 1980-an. Tempat ini disebut juga Kampung Vietnam atau Camp Vietnam, tempat para pengungsi mencari perlindungan dari kerusuhan politik di negaranya.

Tercatat dalam website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN Kemenkeu), Pulau Galang memiliki ketertarikan tersendiri terhadap berbagai monumen bersejarah, seperti museum, perahu pengungsi, hingga patung kemanusiaan yang mengenang tragedi pengungsi Vietnam. . gadis.

Keindahan Wisata Pulau Galang

Selain kekayaan sejarahnya, Pulau Galang juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Terletak sekitar 60 kilometer dari Batam, pulau ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan mobil.

Baca Juga  Penyebab kebakaran Museum Nasional diduga akibat korsleting listrik di fasilitas renovasi tersebut

Periklanan

Wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Galang, menjelajahi hutan, hingga menikmati indahnya pantai Melur di sisi barat pulau. Selain itu, keberagaman budaya negara dengan etnis yang berbeda-beda juga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu Pulau Galang juga mempunyai potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, salah satunya Pulau Abang.

Direktur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengungkapkan, Pulau Abang beserta Balik Padang dan Nongsa masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPARNAS) yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kemenparekraf).

Ardiwinata mengatakan Pulau Abang memiliki daya tarik tersendiri, khususnya pada aktivitas snorkeling dan keberadaan Blue Coral langka yang hanya terdapat di Pulau Abang Indonesia.

Tempat perlindungan pengungsi

Pulau Galang menjadi surga bagi para pengungsi Vietnam yang dikenal dengan sebutan ‘Manusia Perahu’. Tempat bersejarah seperti kapal karam, museum, tempat ibadah dan kuburan Makam Nga Trang seperti yang bisa dilihat hari ini.

Taman Kemanusiaanatau Kesucian Manusia menjadi poin penting dalam gambar yang mengenang gadis pengungsi Vietnam, Tinh Nhan Loai, yang mendapat kisah mengerikan pada tahun 1985. Pulau Galang tidak hanya menjadi objek wisata, namun mengajarkan kita tentang kemanusiaan dan sejarah pengungsian yang terjadi.

Dengan potensi wisata unggulannya dan beragam pengalaman yang ditawarkan, Pulau Galang di Batam membuka pintu bagi wisatawan untuk menelusuri sejarah, menikmati keindahan alam, dan merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan.

Pilihan Redaksi: Pengungsi Rohingya Kembali ke Aceh, Dimanakah Orang Rohingya dan Mengapa Mereka Mengungsi?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *