Prabowo mengatakan tanah subur adalah cara mencapai ketahanan pangan, visioner: Reforma agraria bisa dikembangkan

Uncategorized468 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Pakar pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengatakan proyek lumbung pangan nasional. kanan bawah bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai ketahanan pangan Indonesia. Pertama, bayar pekerjaan itu kanan bawah sebagai satu-satunya rencana ketahanan pangan yang disampaikan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto.

“Ada revolusi agraria yang bisa dikembangkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, distribusikanlah tanah dalam reforma agraria untuk mengidentifikasi petani yang mempunyai hak, kata Khudori saat dihubungi. Untuk waktu yang lama pada hari Sabtu, 13 Januari 2024.

Dalam revolusi agraria, barulah ide ketahanan pangan yang dibangun adalah ide pertanian keluarga. Namun dalam reforma agraria, kata Khudori, pemerintah harus memastikan terdistribusinya lahan yang memadai.

“2 hektare saja tidak cukup karena kalau sistemnya diwariskan maka generasi kedua akan kehilangan lahan lagi. Akan berkurang lagi,” kata Khudori.

Selain menyediakan lahan yang memadai, kata Khudori, pemerintah harus mendukung segala kebutuhan infrastruktur. Terutama peralatan yang berkaitan dengan kebersihan. Dengan cara ini diharapkan para petani yang mempunyai akses terhadap lahan pertanian bisa produktif.

“Karena itu, kanan bawah bukan hanya (metode ketahanan pangan) ya. Tanah makanan “Sepertinya juga sistem korporasi, diserahkan ke perusahaan besar,” kata Khudori.

Namun menurut Khudori, ada dua konsep ketahanan pangan yang bisa didukung. Tanah makanan, katanya, adalah ide yang bagus. Sebab, bisa digunakan untuk berbagi basis produksi yang ada di Pulau Jawa. Dan kanan bawahdiharapkan produksi pangan dapat diperluas ke luar Pulau Jawa.

Namun, lanjut Khudori, masih banyak ruang untuk perbaikan dalam proyek ini kanan bawah. Sebab sejak pemerintahan Presiden Jokowi dimulai pada tahun 2020, kanan bawah tentu saja masih gagal. Padahal, seperti yang disampaikan Prabowo sebelumnya, idenya kanan bawah sudah ada sejak tahun 1970. Ibnu Sutowo memulai proyek ini. Khudori menduga pemerintah belum belajar dari kegagalan proyek tersebut kanan bawah di masa lalu.

Baca Juga  6 Manfaat musik bagi anak, Baik untuk perkembangan otak dan apresiasi terhadap keberagaman

“Kalau kita membaca hasil survei BPK, kanan bawah Produksi sejak pertengahan 2020 tidak sesuai rencana, kata Khudori. Oleh karena itu, tampaknya ini bukan penelitian sebelum dilakukan.

MAKAN RAHAYU | PUTRI RIANI SANUSI

Pilihan Editor: Begitulah pemilu Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Md di Jawa Timur



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *