Polisi Tetapkan Dua WNA China Sebagai Tersangka Ledakan Smelter Morowali

Uncategorized103 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah telah menetapkan tersangka dalam kasus ini tanur tinggi nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Ledakan terjadi pada Minggu, 24 Desember 2023 pagi.

Direktur Humas Polda Sulteng Kombes Djoko Wienartono mengatakan tersangka ada dua orang. “Sudah ada dua tersangka yang ditetapkan. “Mereka WN Tiongkok,” kata Djoko saat dihubungi melalui pesan WhatsApp pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Djoko menjelaskan, kedua orang tersebut termasuk pria berinisial ZG dan Z. ZG merupakan manajer keuangan atau pemadam kebakaran PT. Zhao Hui Nikel. Sedangkan PT ITSS meminta ZG membantu mereka. Saat ini Z menjabat sebagai Deputy Manager PT Ocean Sky Metal Indonesia atau OSMI.

Djoko mengatakan, berkas perkara akan segera diserahkan ke kejaksaan atau jaksa penuntut umum. Rencananya berkas tersebut akan dikirimkan ke kuasa hukum pada Senin 12 Februari 2024, ujarnya.

Akibat ledakan smelter tersebut, 21 orang meninggal dunia dengan rincian 8 tenaga kerja asing asal China dan 13 tenaga kerja lokal, jumlah tersebut belum termasuk korban luka-luka.

Periklanan

Penyidik ​​menggelar sidang pada Rabu, 3 Januari 2024. Kasus tersebut ditingkatkan dari penyidikan ke penyidikan, namun belum ada penetapan tersangka. Polisi menduga ada pelanggaran keselamatan kerja atau K3 dalam ledakan smelter di Morowali.

Awal kejadian, Direktur Media PT IMIP Dedy Kurniawan mengatakan, penyebab ledakan diduga karena lantai api masih mengandung air bahan peledak.

Deddy juga menjelaskan, terdapat banyak oksigen di tempat yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan. Akibatnya, kata dia, ledakan pertama memicu ledakan lain dari tabung oksigen di sekitar lokasi.

Baca Juga  Demonstrasi 3 hari menentang kecurangan pemilu di DPR dan KPU, Pemerintah diminta bersikap manusiawi terhadap para pengunjuk rasa.

Pilihan Editor: IPW: Mengidentifikasi alat pemadam kebakaran yang mencurigakan seharusnya tidak sulit.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *