Perusuh Bakar Kantor Bupati Pohuwato, Ini Profil Saipul Mbuinga Benarkah Bupati Termiskin di Gorontalo?

Uncategorized238 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Massa aksi membakar Kantor Bupati Pohuwato, Gorontalo pada Kamis 21 September 2023. Massa aksi merupakan penambang lokal yang menuntut ganti rugi tanahnya kepada PT Merdeka Copper Gold Tbk, selaku induk perusahaan PT Puncak Emas Tani Sejahtera. (PETS) dan PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) yang bertanggung jawab atas Proyek Emas Pani (PGP).

Aksi pembakaran kantor bupati yang dilakukan aktivis di PGP berawal dari pemaparan Forum Persatuan Ahli Waris Penambang Pohuwato yang melakukan penambangan tanpa izin (PETI) di wilayah proyek PGP. Hal ini dilakukan agar mereka tetap dapat melakukan hal-hal yang tidak membahayakan dirinya sendiri namun juga menimbulkan kerusakan lingkungan dan mengancam kesehatan masyarakat di kawasan Marisa.

Sebelum api menjalar ke kantor bupati, massa aksi hanya membakar kursi dan meja di lobi kantor pemadam kebakaran. Namun api semakin membesar hingga melalap markas Kabupaten Pohuwato.

Demonstrasi yang awalnya berjalan damai, namun berubah menjadi ricuh dan massa membakar kantor PT PETS dan berbaris di depan kantor bupati.

Hal itu disebutkan dalam laman Prokopim Kabupaten Pohuwato, menurut Presiden Saipul MbuingaKekacauan yang terjadi bahkan berujung pada pembakaran kantor gubernur sungguh di luar dugaan.

Saya turut sedih karena perusahaan tempat kami melayani masyarakat terbakar habis. Namun, kerja keras masyarakat akan tetap berjalan dan itulah harapan Kementerian Dalam Negeri, jelas Bupati Saipul Mbuinga pada Jumat, 22 Maret 2023.

Saipul Mbuinga menegaskan kepada pimpinan OPD dan ASN agar kiprah masyarakat khususnya di OPD akan terus berlanjut.

Kabupaten Pohuwato sendiri diperintah oleh seorang penguasa bernama Saipul Mbuinga. Saat demonstrasi, Saipul Mbuinga tidak tampak menemui massa sehingga kantornya dibakar. Simak profil Saipul Mbuinga di bawah ini.

Baca Juga  KPK Tetapkan Mantan Direktur PT Amarta Karya Catur Prabowo sebagai Tersangka TPPU

Karir politik Saipul Mbuinga di dunia politik

Saipul Mbuinga merupakan Bupati Pohuwato periode 2021-2024 yang kini disandingkan Suharsi Igirisa sebagai wakil bupati. Saipul menjabat sebagai bupati menggantikan adiknya, Syarif Mbuinga.

Sebelum menjabat Bupati, Saipul pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato selama dua periode berturut-turut, yakni pada tahun 2014 hingga 2020.

Saipul Mbuinga lahir di Marisa, Pohuwato, Gorontalo pada tanggal 5 Agustus 1963. Beliau menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Gorontalo, S2 di Fakultas Tarbiyah dan Tadris STAIN Gorontalo, dan S3 di Sekolah Muslim Indonesia. Sekolah Pascasarjana Universitas. . Kemudian, Saipul Mbuinga menikah dengan Selvi Mbuinga Monoarva. Saat ini Saipul Mbuinga juga merupakan kader Partai Gerindra.

Menjadi penguasa termiskin di Gorontalo

Meski berkiprah di bidang politik, Saipul Mbuinga dikenal sebagai “penguasa termiskin” di Gorontalo. Berdasarkan Catatan Jurnal Ekonomi Negara Elektronik (e-LHKPN), terungkap kekayaan Saipul Mbuinga bernilai ratusan juta rupiah.

Namun, utangnya jauh lebih besar dibandingkan asetnya, sehingga neraca keuangannya menjadi negatif.

Berdasarkan Laporan Ekonomi Negara Elektronik (e-LHKPN), Saipul Mbuinga merupakan Bupati termiskin di Gorontalo. Dalam laporan LHKPN per 1 Februari 2023, hartanya hanya dipotong ratusan juta karena nilai utangnya lebih besar dari hartanya.

Periklanan

Berikut rincian kekayaan Saipul Mbuinga semasa menjabat Bupati Pohuwato, dilansir hingga 1 Februari 2023.

1. Real estate Rp. 165.000.000

Tanah seluas 652 m2 di Kabupaten/Kota Pohuwato dihargai Rp. 165.000.000

2. Alat dan mesin angkut Rp. 82.000.000

– Mitsubishi Minibus 2003, buatan sendiri Rp. 70.000.000.

– Sepeda Motor, Sepeda Motor Yamaha Tahun 2015 Miliknya Rp. 12.000.000

3. Barang portabel lainnya Rp. 40.000.000

4. Surat Berharga Rp. 0

5. Kas dan setara kas Rp. 16.333.794

Baca Juga  KBRI tampilkan keragaman Indonesia dalam Festival Anggrek ASEAN

6. Harta lainnya Rp. 0

Jumlah keseluruhan Rp 303.333.794

II. Biaya Rp 449.459.069

AKU AKU AKU. Total Harta Rp-146.125.275 (dikurangi Rp 146 Juta)

MUTIARA ROUDHATUL JANNAH | Tim Olahraga Tempo.CO

Pilihan Editor: Penambang emas membakar pabrik Bupati Pohuwato, sebuah perusahaan yang mengaku mengutamakan sholat.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *