Perhatikan pengumuman umum yang diterima orang kecuali Prabowo

Uncategorized133 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memberikan promosi Umum Penghargaan bintang empat Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hari ini, Rabu 28 Februari 2024.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan TNI Brigjen Nugraha Gumelar membenarkan kabar pemberian status kehormatan oleh Prabowo melalui pesan singkat kepada Tempo pada Selasa, 27 Februari 2024. Ia mengatakan, tata cara pemberian status tersebut sesuai anjuran. . . Informasi penting tentang TNI. Akhirnya TNI merekomendasikannya ke Presiden, kata Nugraha.

Sementara itu, Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Ahzar Simanjuntak menilai pemberian penghargaan berupa kenaikan pangkat khusus kepada Prabowo merupakan salah satu anugerah Ketua Umum Gerindra yang berkontribusi terhadap kemajuan TNI dan keamanan Indonesia. Menurut dia, penghargaan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Sertifikat Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Insya Allah besok Pak Prabowo mendapat kehormatan kenaikan pangkat di Mabes TNI, kata Dahnil, Selasa. Lantas, apa status petugas kehormatan bintang empat?

Mengetahui kedudukan Jenderal Kehormatan

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan oleh presiden kepada seseorang, instansi pemerintah, kelompok atau golongan atas pengabdian khusus dan kesetiaannya kepada negara dan negara.

Kehormatan tersebut terdiri dari bintang negara dan bintang militer. “Bintang kehormatan sebagaimana dimaksud pada ayat 6 (1) surat ini mempunyai: a. bintang keunggulan; dan bintang tanpa kelas,” bunyi Pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009.

Selain itu, setiap penerima gelar, tanda jasa dan/atau tanda kehormatan berhak menyatakan rasa hormat dan terima kasih. Penghormatan dan rasa syukur terhadap mereka yang masih hidup dapat berupa pengangkatan atau kenaikan pangkat khusus, pemberian uang sekaligus atau pada waktu tertentu, dan/atau hak protokoler dalam acara resmi dan kenegaraan.

Baca Juga  11 satuan tugas dikerahkan jaga KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta

Sebagai informasi, Prabowo merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir letnan jenderal atau jenderal bintang tiga. Prabowo meninggalkan jabatannya dengan status diberhentikan dengan hormat sebagai Presiden (Keppres) Nomor 62/ABRI/1998 yang ditandatangani oleh Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie pada 20 November 1998.

Setelah mendapat kenaikan pangkat khusus, Prabowo nantinya akan mendapat pangkat purnawirawan Jenderal TNI (HOR).

Nomor yang menerima pangkat Kehormatan Umum

Selain Prabowo, Dahnil menyebut penghargaan serupa juga pernah diterima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Luhut Binsar Pandjaitan, dan sejumlah tokoh lainnya.

Pak SBY, lalu Pak Luhut, Pak (Abdullah Mahmud atau AM) Hendropriyono, dan masih banyak lagi tokoh lainnya, kata Dahnil di Jakarta, Selasa, dilansir Antara.

Kemudian pada masa pemerintahan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, ada Hari Sabarno yang mendapat gelar kehormatan umum saat masih menjabat sebagai Koordinator (Menko) bidang Politik dan Keamanan. Kemudian pada masa pemerintahan presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, ada Agum Gumelar yang mendapat gelar serupa.

Periklanan

Sedangkan pada masa Presiden kedua Soeharto, gelar kehormatan diberikan kepada Soesilo Soedarman yang saat itu menjabat Menteri Perencanaan Politik dan Pertahanan pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

Inilah nama-nama prajurit Indonesia yang mendapat pangkat Jenderal TNI (HOR) seperti dilansir laman Akmil.

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Soedarman

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Hari Sabarno

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soesilo Bambang Yudhoyono

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono

– Jenderal TNI (HOR) (Purn) Agum Gumelar

MELYNDA DWI PUSPITA

Selalu memperbarui berita terbaru. Mendengarkan menyebarkan berita dan informasi yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu butuh-menambahkan Aplikasi Telegram pertama.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *