Perekonomian Jateng di triwulan II 2023 tumbuh 5,23 persen

Uncategorized231 Dilihat

RedaksiHarian – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat pertumbuhan ekonomi provinsi ini pada triwulan II 2023 mencapai 5,23 persen (y on y).

Kepala BPS Jawa Tengah Dadang Hardiwan dalam siaran pers di Semarang, Senin, mengatakan, capaian pertumbuhan ekonomi di triwulan II 2023 itu lebih lambat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 5,62.persen.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi tertinggi dari sisi produksi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum yang mencapai 10,45 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, lanjut dia, kenaikan tertinggi dialami oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah yang mencapai 9,39 persen.

Menurut dia, lapangan usaha industri pengolahan masih mendominasi struktur ekonomi Jawa Tengah di triwulan II 2023 dengan kontribusi mencapai 33,81 persen.

“Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga mendominasi dengan kontribusi sebesar 61,47 persen,” katanya.

Adapun besaran produk domestik regional bruto (PDRB) Jawa Tengah atas dasar harga berlaku, lanjut dia, mencapai Rp421.281 miliar.

Sedangkan PDRB atas dasar harga konstan tercatat mencapai Rp275.013 miliar.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Baca Juga  ASEAN kawasan strategis yang banyak dilirik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *