Peran Guru dalam Mencegah Bullying di Sekolah

Uncategorized155 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaPenyalahgunaan atau penindasan menjadi semakin jelas. Sebab, akhir-akhir ini marak isu penganiayaan terhadap siswa SMA terkait dengan anak seorang selebriti di Indonesia. Risiko bullying dapat dikurangi atau dicegah, tidak hanya melalui upaya orang tua, namun juga melalui guru.

Peran Guru adalah Pencegahan Melecehkan

Bergantung kepada psikolog Guru Klinis Annisa Mega Radyani hendaknya memperhatikan situasi di sekolah yang menunjukkan adanya perundungan. “Harapannya, guru bisa berbuat lebih baik tahu (berpengaruh) pada kondisi kelas jika memungkinkan kehadiran anak tersebutdisalahgunakan (mencaci orang),” kata Annisa, Selasa 20 Februari 2024 dikutip Antara.

Annisa menjelaskan, lingkungan sekolah memberikan pengaruh yang besar terhadap pemikiran anak. Sebab, selama menjalani pendidikan, anak kerap berinteraksi dengan guru dan teman sebayanya.

“Penting bagi sekolah untuk benar-benar fokus dalam mengajarkan apa itu nilai-nilai pribadi. Dengan demikian, anak-anak saat ini bisa mendapatkan banyak informasi dari mana saja,” ujarnya.

Sekolah juga dapat berupaya mendorong siswanya untuk mengembangkan rasa percaya diri melalui prestasi di berbagai bidang. Siswa dapat diajarkan tentang membangun hubungan yang positif, misalnya mengajarkan nilai bekerja sama.

Salah satu penyebab terjadinya bullying adalah perasaan ingin dianggap lebih unggul dari orang lain. Dengan membangun rasa percaya diri melalui prestasi, siswa dapat menjadi lebih percaya diri dan kecil kemungkinannya untuk merendahkan orang lain. “Setiap anak akan bisa fokus meningkatkan kepercayaan dirinya pada bidang yang dituju,” ujarnya.

Kiat guru untuk pencegahan Melecehkan

1. Efek

Guru harus peka terhadap situasi kelas. Misalnya ada siswa yang biasanya senang dan antusias serta biasanya pendiam. Atau contoh lain, nilai siswa tiba-tiba turun dan perilakunya berubah drastis. Pengaruh ini penting, karena perubahan perilaku siswa seringkali mempengaruhi perilaku.

Baca Juga  China percepat bangun stasiun pengisian daya, dukung jarak tempuh NEV

2. Jawaban Melecehkan

Periklanan

Menurut situs UNICEF, guru harus tegas dalam menanggapi penindasan. Saat mendapat laporan, guru tidak akan langsung menghakimi. Senang mendengar keseluruhan cerita. Kepedulian para guru juga ditunjukkan dengan menunjukkan rasa kasihan kepada para korban dan membuat mereka tidak menyalahkan diri sendiri atas pelecehan yang terjadi. Guru hendaknya membantu siswa mempertahankan diri dan berkomunikasi dengan siswa yang terlibat. Ini adalah pemahaman yang baik tentang masalahnya.

Sedangkan bagi pelaku, guru harus memanggilnya untuk berbicara untuk memahami motif siswa atau alasan dia melakukan intimidasi terhadap orang tersebut. Kebanyakan perundungan terjadi karena pelakunya merasa kurang mendapat perhatian atau mempunyai masalah di rumah.

3. Berikan contoh

Membahas perbedaan dan memberikan peluang penyelesaian konflik membangun pemahaman terhadap orang-orang di sekitar mereka. Pemahaman siswa harus ditingkatkan, misalnya lelucon dapat diterapkan kepada teman sebaya mulut penindasan.

4. Kelas bagus

Guru harus mampu membangun suasana kasih sayang dan kekeluargaan di kalangan siswa. Membangun prestasi siswa, berkompetisi secara sehat, tidak saling menjatuhkan dan saling menghormati. Menurut situs American Psychological Association, guru dan sekolah juga dapat memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri. Misalnya, membantu teman agar tidak merasa dikucilkan atau terancam dikucilkan penindasan.

5. Diskusi dengan orang tua siswa

Orang tua harus mendidik anaknya sejak dini untuk mencegah terjadinya kekerasan sebagai pelaku atau korban pelecehan. Guru juga dapat melibatkan orang tua dalam program sekolah terkait anti-bullying atau penindasan. Jika ada kasus, guru dapat memfasilitasi dialog antara orang tua korban dengan pelaku penganiayaan sehingga dapat dicarikan solusi yang tepat.

Pilihan Editor: Terkait laporan penganiayaan anak TK di sekolah Binus Serpong, Polres Tangsel sudah mendalami situasi kejahatannya.

Baca Juga  Persiapan timnas Indonesia vs Tanzania Minggu sore 2 Juni, Shin Tae-yong fokus pada kondisi pemain.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *