PBB meminta dunia untuk fokus menyalurkan bantuan ke Gaza melalui jalur darat

Uncategorized110 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – PBB menerima rencana Amerika Serikat untuk membangun pelabuhan sementara di Gaza untuk distribusi bantuan kemanusiaannamun pada saat yang sama PBB mengingatkan dunia bahwa mereka akan terus fokus pada penyaluran bantuan melalui jalur darat.

“Cara apa pun untuk memberikan lebih banyak bantuan ke Gaza, baik melalui laut atau udara benar-benar merupakan hal yang baik. Fokus internasional kami akan terus meningkatkan distribusi dan kontribusi dari darat,” kata Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, kepada wartawan. pada Kamis 7 Maret 2024 seperti dikutip Anadolu Agency.

Dujarric menekankan, bantuan melalui jalur darat lebih hemat dan efektif. Itu sebabnya PBB sejak awal meminta akses ke Gaza dari darat agar lebih banyak bantuan bisa sampai ke sana.

Bantuan kemanusiaan disalurkan Gaza Dari darat Anda harus menuju salah satu dari dua titik masuk yaitu Kerem Shalom dan Rafah. Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) melaporkan bulan lalu bahwa truk bantuan mengalami kesulitan untuk masuk karena lubang di kedua lokasi tersebut tidak cocok.

Situasi diperparah dengan terbunuhnya banyak polisi Palestina dalam serangan udara Israel di dekat dua jalan tersebut pada awal Februari 2024. Akibatnya, jumlah truk yang masuk ke Gaza pada bulan Februari sedikit, dengan rata-rata hampir 99 truk masuk setiap hari. Jumlah ini mengalami sedikit peningkatan pada awal bulan Maret, dengan rata-rata 120 truk per hari.

Menurut PBB, jumlah rata-rata yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan warga Palestina adalah 500 truk bantuan per hari. Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan atau UN OCHA mengatakan, setengah dari 224 proyek bantuan di Jalur Gaza yang memerlukan koordinasi didukung oleh otoritas Israel.

Baca Juga  Konser Keraton Orchestra di Jakarta pada awal Maret, menunjukkan pengaruh Yogyakarta

“Dengan terbunuhnya angkatan laut Israel yang menabrak kapal pengolah makanan PBB menuju utara Gaza pada tanggal 5 Februari 2024, terjadi penghentian pekerjaan. Akibatnya, hanya 24 pekerjaan yang dilaksanakan di wilayah utara pada bulan lalu, namun hanya enam proyek yang disetujui,” kata Dujarric.

Serangan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 30.800 orang dan melukai 72.298 lainnya sejak 7 Oktober 2023 hingga laporan ini diterbitkan. Serangan udara, darat dan laut yang intens juga menyebabkan hancurnya infrastruktur dan evakuasi. Lebih dari 75 persen penduduk Gaza, atau sekitar 1,7 juta orang, menjadi pengungsi sejak serangan dimulai.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan wilayah tersebut, membuat penduduknya kelaparan, terutama di Gaza utara di mana bantuan kemanusiaan sulit didapat.

Periklanan

Kementerian Kesehatan Gaza menyebutkan, hingga 6 Maret 2024, jumlah orang yang meninggal akibat kelaparan di Gaza bertambah menjadi 20 orang.WHO dan UNICEF menyuarakan keprihatinan atas meningkatnya gizi buruk di kalangan anak-anak di wilayah utara. , yang menurut mereka telah mencapai batasnya. Setidaknya 15 anak meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi di Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza Utara.

Afrika Selatan telah mengajukan permintaan mendesak kepada Mahkamah Internasional (ICJ) untuk memerintahkan Israel menerapkan berbagai langkah untuk memfasilitasi penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan untuk mencegah kelaparan di Gaza.

Hal serupa terjadi pada Afrika Selatan ketika menyeret Israel ke ICJ atas tuduhan genosida di Gaza pada Desember 2023, dan persidangan akan dilakukan pada Januari 2024. Afrika Selatan menolak ICJ memerintahkan Israel mencabut blokade di Gaza, sehingga membatalkan semua tindakan. . yang mencegahnya. bantuan kemanusiaan bahwa layanan utama mencapai Gaza, dan untuk memastikan bahwa layanan tersebut akan menyediakan kebutuhan nyata bagi warga Gaza.

Baca Juga  Kementerian BUMN ajak mahasiswa miliki "passion" dalam berkarir

ANATOLIA

Pilihan Editor: Kementerian Luar Negeri menjelaskan soal kerja sama dengan Israel untuk pengusiran WNI dari Gaza

Ikuti berita terkini dari Tempo.co dan Google News, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *