Paus Fransiskus tidak mau mengundurkan diri

Uncategorized103 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaPaus Francis pada Kamis, 14 Maret 2024, mengatakan saat ini dirinya belum ada niat mundur dari jabatannya sebagai pimpinan Gereja Katolik Dunia. Sebab kesehatannya masih cukup baik untuk menjalankan tugas kepausan.

“Ini (pengunduran diri) adalah gagasan yang masih jauh karena saya tidak punya alasan kuat untuk berpikir untuk meninggalkan jabatan ini,” kata Paus Fransiskus, dimuat di surat kabar Italia Corriere della Sera, Kamis, 14 Maret 2024.

Paus Fransiskus, 87 tahun, akhir-akhir ini semakin melemah. Terkadang dia menggunakan kursi roda atau tongkat untuk berkeliling. Baru-baru ini, dia menderita penyakit yang disebut bronkitis atau pilek yang membuatnya takut berbicara di depan umum.

“Saya bersyukur kepada Tuhan karena saya memiliki tubuh yang kuat dan berharap banyak tugas dapat terselesaikan,” kata Paus Fransiskus mengulangi apa yang dibahasnya. pengunduran diri hanya jika terjadi penghalang fisik yang besar.

Paus Fransiskus dalam pernyataannya membela keputusannya yang mewajibkan para imam memberkati pernikahan sesama jenis. Pasalnya, sudah menjadi tugas Gereja Katolik Roma untuk membuka diri kepada semua orang bahwa Tuhan mengasihi semua orang, termasuk orang berdosa. Pada saat yang sama, keputusan tersebut tidak mengubah doktrin Katolik yang hanya mengakui pernikahan sesama jenis. Menurut Paus Fransiskus, jika ada pendeta yang tidak mau merestui pernikahan sesama jenis, maka tidak akan menimbulkan perpecahan.

Periklanan

Paus Francis mengambil alih jabatan pemimpin Katolik dunia setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri karena usia tua (usia 85). Paus Benediktus XVI menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun dan meninggal pada usia 95 tahun.

Sumber: Reuters

Pilihan Editor: PBB Waspada terhadap Provokasi di Situs Suci Yerusalem Timur

Baca Juga  Pengumpulan jamaah haji dari Muzdalifah ke Mina selesai tepat waktu

Ikuti berita terkini dari Tempo.co dan Google News, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *