OJK Siap Pindahkan dan Bangun Gedung di IKN, Mirza Adityaswara: Mulai Awal 2024

Uncategorized169 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Otoritas Jasa Keuangan).OJK) Mirza Adityaswara membenarkan kantor OJK akan pindah ke ibu kota pulau (IKN). Hal ini sesuai dengan undang-undang OJK dan undang-undang pembangunan serta undang-undang ketenagalistrikan yang dikeluarkan departemen keuangan.Peraturan PPSK), dan OJK sebagai lembaga negara harus berkedudukan di ibu kota negara.

Perkembangan terkini dalam persiapan terobosanMirza mengatakan, OJK dan kementerian/lembaga terkait yang berada di bawah IKN melakukan penyelidikan pada 9 Oktober 2023.

“Sesuai dengan itu, OJK sudah menyetujuinya linimasa pembangunan gedung OJK,” kata Mirza dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner OJK yang digelar hampir Senin, 30 Oktober 2023. “Ada rencana dan aturannya akan dimulai pada awal tahun 2024.”

Mirza mengatakan, OJK telah menerima surat terkait lokasi penetapan lahan kantor OJK dan IKN pada 22 Mei. Surat keputusan inilah yang menjadi dasar OJK menyetujui gedung dan IKN tersebut. Namun hingga saat ini OJK masih memfinalisasi persyaratan administratif untuk memulai pengembangan lahan dan pembangunan pabrik di sana.

Rencana mutasi OJK dan IKN juga akan ada rencana alokasi pegawainya, kata Mirza.

Selain itu, kata Mirza, terdapat perubahan pemilihan lahan pengembangan OJK dan IKN. Sebelumnya, dia mengatakan pemilihan lahan dilakukan melalui usulan perubahan UU Presiden. Namun untuk mempercepatnya, hal itu akan dilakukan dengan mengidentifikasi penggunaan barang publik yang dioperasikan oleh pihak ketiga alias OPL. Setelah itu, disepakati perjanjian kerja sama pemanfaatan barang milik umum antara pejabat IKN dan OJK.

Nanti akan dikeluarkan perintah penetapan lokasi kewenangan sesuai rencana sistem OPL, yang lain bekerja sesuai perintah Menteri Keuangan, kata Mirza.

Baca Juga  Menyaksikan konser Ed Sheeran pertama kali di Jakarta, para penggemar sudah tak sabar

PT Waskita Karya (Persero) Tbk membeberkan sejarah pekerjaan yang dilakukan di ibu kota baru. Senior Vice President Company Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, progres pekerjaan perseroan masih sesuai rencana hingga 22 Oktober 2023.

Ermy mengatakan pada Jumat, 27 Oktober 2023, “Dari 8 proyek IKN yang dikerjakan Waskita, terdapat 2 proyek yang progresnya lebih dari 50 persen, yaitu proyek Jalan Lingkar Sepaku dan Jalan Tol IKN.”

Ia juga menjelaskan, hingga akhir tahun ini akan selesai lima proyek konstruksi dan targetnya mencapai lebih dari 40 persen. Sisanya merupakan pekerjaan IKN yang dicatat sebagai nilai kontrak baru.

Periklanan

Waskita optimis dan berkomitmen menyelesaikan seluruh proyek IKN tepat waktu, kata Ermy.

MAKAN RAHAYU | MOH KHORY ALFARIZI

Pilihan Redaksi: Belajar di Batam, Ekonom: Tak mudah membuat warga tinggal di IKN Nusantara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *