MRT Jakarta belajar dari Jepang untuk mencapai konsep TOD terbaik di dunia

Uncategorized107 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Stasiun Takanawa Gateway, Tokyo, Jepang, merupakan salah satu stasiun yang dikunjungi oleh Kepala Divisi Transit Oriented Development (TOD) PT Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta Gunawan. Bersama beberapa karyawan MRT Jakarta, Gunawan berangkat ke Stasiun Takanawa untuk mempelajari ide pengembangan zona berkelanjutan di dekat stasiun.

Gunawan mengetahui ada dua pria yang memasuki sebuah toko kecil di Stasiun Takanawa, Tokyo, Jepang, pada pertengahan November lalu. Mereka memilih air kemasan di lemari es. Salah satunya memilih air mineral, yang lain memilih kopi. Mereka berdua berjalan ke konter dengan tangan memeriksa harga yang harus dibayar untuk dua minuman ringan yang harus mereka bayar.

“Pasar kecil di Stasiun Takanawa tidak memiliki petugas yang menjaganya. Konsumen membayar langsung tanpa uang tunai melalui cek, kata Gunawan di Stasiun Takanawa Gatewey, Rabu, 15 November 2023.

Toko mini tanpa penjaga keamanan tidak tersedia di pelabuhan lain dan hanya tersedia di bandara modern. Stasiun Gerbang Takanawa juga merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang menggunakan Artificial Intelligence (AI).

Stasiun Takanawa merupakan salah satu dari sekian banyak kawasan TOD yang sedang dikembangkan di Tokyo. Pembangunan Stasiun Takanawa dimulai pada Februari 2017, dan beroperasi pada Maret 2020.

Pengembang regional TOD adalah East Japan Railway Company (JR East). Sebuah perusahaan swasta juga menjadi operator perkeretaapian di wilayah tersebut. Perusahaan yang berlokasi di kawasan Minato ini menciptakan konsep perkotaan modern sebagai pintu gerbang dunia.

Minimarket tak berawak di Stasiun Takanawa Gateway, Tokyo, Jepang, 15 November 2023. Tempo/IMAM HAMDI

Stasiun Takanawa, kata Gunawan, merupakan stasiun kereta paling modern di antara bandara lain di Jepang. Bahkan kawasan pejalan kaki di kawasan tersebut telah dirancang menjadi kota modern, komunitas dan lingkungan kota selama seratus tahun ke depan.

Baca Juga  Para ahli menyebut pengunduran diri Firli Bahuri sebagai strategi agar Dewas KPK tidak digulingkan.

Saat ini, kata Gunawan, JR East sedang membangun empat kondominium bertingkat dengan konsep terintegrasi di atas lahan seluas 13 hektare. Pembangunan di kawasan TOD ditargetkan selesai pada tahun 2026.

Pada tower yang akan dibangun di kawasan TOD Takanawa Gateway ini terdapat pertokoan, perkantoran, perumahan dan rumah sakit. Jalur kereta api dan angkutan umum lainnya telah diintegrasikan ke dalam pembangunan perumahan serba guna ini.

Konsep campuran ini akan kita kembangkan di kawasan TOD yang dikuasai MRT, ujarnya.

DKI Jakarta pun memerintahkan MRT Jakarta membuka zona TOD…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *