Mantan Kepala Perseroda Sulsel itu menggugat hukum, karena dipecat dari jabatan Gubernur Bahtiar.

Uncategorized88 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Makasar – Dua orang pertama pimpinan Perseroda Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) diprotes pemecatannya oleh Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Mereka akan menempuh jalur hukum karena merasa dicopot secara tiba-tiba dan tanpa proses hukum.

“Proses penggusuran tidak sah. Kita masuk sistem, harusnya kita dikeluarkan dari sistem, kata mantan CEO PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) Rendra Darwis di Makassar, Kamis 7 Maret 2024.

Rendra menjelaskan, dirinya dipecat pertama kali saat Surat Perintah Gubernur Sulsel dibagikan pada 22 Februari 2024. Selain Rendra, Direktur Pengembangan PT SCI Dedy Irfan Bachri juga dipecat.

Baik Rendra maupun Dedy Irfan mendengar perintah penggusuran tersebut melalui media sosial.

Rendra mengatakan, dirinya telah mendapat perintah pemberhentian sebagai direktur pada 1 Maret 2024.

Oleh karena itu, kami menempuh jalur hukum karena adanya dugaan pelanggaran administratif, ujarnya. Kami sudah mendaftarkan ke Pengadilan Negeri Makassar.

Sementara itu, kuasa hukum Rendra, Acram Mappaona Azis mengaku pihaknya telah mendaftarkan kasus tersebut. Pengadilan Negeri Makassar nomor 08/pdtg. Rencananya uji coba pertama akan dimulai pada 26 Maret.

“Ini bukan kasus pemakzulan, tapi pelanggaran aturan badan pemerintahan,” kata Acram.

Periklanan

Menurut dia, tata cara pemberhentian direksi harus melalui rapat umum pemegang saham (RUPS), tidak secara rahasia. Jika mengikuti aturan, sebelum menembak, Anda harus menghubungi pihak berwajib terlebih dahulu. Katanya, “Tiba-tiba ada yang masuk dan komandan memesan nomor 220.”

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar memecat tiga direksi PT SCI, yakni Direktur Utama Rendra Darwis, Direktur Umum dan Keuangan Ernida Mahmud, dan Direktur Pengembangan Dedy Irfan Bachri. Namun Ernida tak mengambil jalur hukum karena sudah mengajukan pengunduran diri pada Januari 2024.

Baca Juga  BTPN Syariah laporkan laba Rp 264 miliar pada kuartal I 2024

Ketiganya dipecat berdasarkan penilaian komisi PT Sulsel Citra Indonesia setelah dilakukan penyelidikan.

Asisten II Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Sulsel, Ichsan Mustari, saat diberitahu soal pemberhentian direksi Perseroda Sulsel, tidak menanggapi pesan WhatsApp dan panggilan telepon dari Tempo.

Pak Hariyadi

Pilihan Editor: Anak Devara Putri Bunuh Dirinya dan Pacarnya, Orang Tua Korban: Kalau Mau Sebar, Bilang Saja.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *