Letusan Gunung Marapi ke-132, Tinggi Kolom Abu 500 Meter

Uncategorized402 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, BukittinggiGunung Marapi dan Sumatera Barat mendapat satu lagi ledakan pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2024 terbatas kolom abu 500 meter kali ini sudah banyak diketahui warga Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.

Letusan terjadi pukul 10.14 WIB hari ini dan tinggi kolom abu ditemukan 500 meter di atas permukaan laut atau 3.391 meter di atas permukaan laut, kata Pengamat Gunung Api (PGA) Teguh Purnomo dilansir Antara, Jumat.

Dijelaskannya, kolom abu terlihat berwarna abu-abu dengan intensitas besar ke arah barat daya. Ledakan ini terekam di seismogram dengan amplitudo 6,1 milimeter dan durasi 1 menit 2 detik, ujarnya.

Warga Kota Bukittinggi, Rizal Hatta (36), mengatakan ledakan tidak menimbulkan suara apa pun, namun abu Gunung Marapi yang sangat besar terlihat jelas.

“Tidak ada suara seperti gempa, tapi terlihat jelas karena sering tertutup awan. Arah asapnya sepertinya ke Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Periklanan

Letusan kali ini merupakan erupsi ke-132 sejak Gunung Marapi meletus pada awal Desember 2023. Total, Gunung Marapi telah meletus sebanyak 24 kali pada Januari 2024 hingga saat ini dan 108 kali pada Desember 2023.

Gunung Marapi saat ini berada pada level III (kesadaran) dengan imbauan bagi pendaki gunung untuk tidak memasuki atau melakukan aktivitas dalam radius 4,5 kilometer dari kawah (kawah Verbeek).

Selalu memperbarui berita terbaru. Mendengarkan menyebarkan berita dan informasi yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu butuh-menambahkan Aplikasi Telegram pertama.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Mendag menyampaikan, mahasiswa berperan dalam mengangkat Indonesia tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *