Kunjungan wisman ke Batam mengalami peningkatan, terutama dari Singapura

Uncategorized494 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Batam – Dicatat oleh Badan Pusat Statistik atau BPS turis asing Kunjungan ke Batam meningkat pada November 2023, yakni sebanyak 100.866 kunjungan. Jumlah tersebut meningkat 25,79 persen dibandingkan Oktober 2023 sebanyak 80.189 kunjungan.

Kunjungan November 2023 juga lebih tinggi 25,04 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kedatangan penumpang internasional bulan November 2023 ke Batam dari Pelabuhan Feri Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Pelabuhan Internasional Sekupang, dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Wisatawan asal Singapura mendominasi jumlah kunjungan luar negeri

Data BPS juga menunjukkan mayoritas wisman di Batam pada November 2023 adalah warga negara Singapura, yakni mencapai 59,65 persen dari total jumlah wisman.

Direktur Utama BP Batam Muhammad Rudi mengapresiasi peningkatan tersebut dan mengatakan hal tersebut bisa tercapai berkat upaya pemerintah dan BP Batam dalam memfasilitasi pembangunan infrastruktur pendukung pengembangan sektor pariwisata.

“Ini pertanda baik bagi pemulihan ekonomi Batam.” Prestasi ini harus kita sama-sama pertahankan agar kemajuan Batam bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, Jumat, 5 Januari.

Selain itu, peningkatan wisatawan mancanegara juga berdampak pada keberadaan hotel di Provinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan data BPS, okupansi kamar hotel di wilayah tersebut pada November 2023 rata-rata sebesar 60,91 persen atau meningkat 17,08 persen dibandingkan Oktober 2023 sebesar 43,83 persen.

“Semangat ekonomi juga akan meningkat dengan peningkatan ini. “Mudah-mudahan kedepannya perekonomian Batam terus tumbuh pesat,” ujarnya.

YOGI EKA SAHPUTRA

Pilihan Editor: Sandiaga Uno mengatakan 63 persen wisatawan didorong oleh wisata kuliner

Klik di sini untuk mengakses update terkini dari Tempo dan Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kemlu pulangkan 17 WNI korban perdagangan orang di Myanmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *