KPU menolak surat pencalonan Imran Khan

Uncategorized243 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Badan pemilihan Pakistan, Sabtu 30 Desember 2023, menolak pemilihan presiden pertama. Imran Khan untuk pemilu nasional 2024 di dua wilayah ini, menurut pekerja Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpin oleh Khan.

Khan dipenjara oleh pihak berwenang pada Agustus 2023, atas sejumlah tuduhan, termasuk membocorkan rahasia negara dan menjual hibah negara saat berkuasa. Hukuman korupsi tersebut membuat mantan Perdana Menteri tersebut berhenti mencalonkan diri pada pemilu tanggal 8 Februari, namun ia memutuskan untuk mengajukan pemilu pada hari Jumat.

Mantan bintang kriket itu termasuk dalam daftar warga Lahore yang pencalonannya ditolak KPU. Pakistan. Komisi tersebut mengatakan Khan bukan pemilih terdaftar karena “pengadilan memvonis dan memecatnya.”

Khan, yang ditahan sejak Agustus, menegaskan militer bekerja sama dengan partai politik yang berkuasa di Pakistan untuk menekan gerakan populisnya dan mencegahnya mencalonkan diri.

Komisi Pemilihan Umum juga menolak dokumen pencalonan anggota senior partai lainnya termasuk Shah Mehmood Qureshi, wakil presiden PTI.

Selain Khan, Komisi Pemilihan Umum juga menolak surat pencalonan anggota senior partai lainnya termasuk Shah Mehmood Qureshi, wakil presiden partai Khan.

Di sisi lain, pihak berwenang menerima penunjukan mantan Perdana Menteri tersebut Nawaz Syarif, meskipun dia dilarang menduduki jabatan publik seumur hidup. Sidang mengenai larangan Sharif diperkirakan akan dilakukan pada bulan Januari.

Periklanan

Penggulingan Imran Khan dari jabatan perdana menteri pada April tahun lalu memicu kekacauan politik selama berbulan-bulan. Hal ini dilakukan melalui kampanye melawan tokoh militer terkemuka, yang akhirnya berujung pada serangan negara terhadap PTI.

Pihak berwenang memburu Khan atas lebih dari 150 dakwaan, mulai dari pembunuhan hingga korupsi dan penghasutan hingga kekerasan. Tuduhan tersebut bertepatan dengan pemilihan umum mendatang, yang diumumkan hanya beberapa hari setelah penangkapan Khan.

Baca Juga  Sebelum pemilu Pakistan, seorang kandidat independen ditembak mati

Pasca pembubaran parlemen pada 10 Agustus, tanggal pemilu ditunda beberapa kali hingga hari terakhirnya adalah 8 Februari.

AL MAYADEEN

Pilihan Editor: Netanyahu: Daerah perbatasan Gaza-Mesir akan berada di bawah kendali Israel



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *