Konsumsi LPG 3 Kg terus meningkat setiap tahunnya, penyalurannya pun diperluas.

Uncategorized19 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM statistik konsumsi elpiji 3kg terus meningkat setiap tahunnya. Juru Bicara Umum Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan rata-rata kenaikan volume pada 2019-2022 sekitar 4,5 persen per tahun.

Pada tahun 2023 jumlahnya masih akan bertambah, namun menurut Dadan rasionya semakin berkurang seiring dengan perubahan distribusi. Pemerintah akan terus menekankan kepedulian. “Distribusinya hanya nilai berdasarkan data,” kata Dadan dalam rapat di Gedung DPR, Rabu 29 Mei 2024.

Hal ini akan terus dilakukan secara bertahap dengan mencatat data penerima manfaat pada software pemasaran di database Pertamina. Sejauh ini ada 42,4 juta VIN terdaftar.

Observasi lapangan secara terus-menerus juga digunakan dalam survei informal atau survei cross-sectional. Kementerian akan melakukan sidak terhadap kafe, hotel, dan restoran di DKI Jakarta, Depok, dan Bali pada April 2024.

Hasilnya, diketahui masih ada elpiji ukuran 12 kilogram dan 50 kilogram yang dijual dengan harga di atas elpiji tiga kilogram, sehingga Dadan mengatakan ada bukti adanya perzinahan. Misalnya, ada yang membeli elpiji tabung 50 kilogram seharga Rp600 ribu, padahal harga jual di Pertamina Rp900 ribu, ujarnya.

Periklanan

Kementerian menyebutkan, sepanjang tahun 2022 hingga April 2024 terdapat 23 kasus pelanggaran administratif dan 149 kasus pidana pemindahan isi gas dari tabung 3 kilogram. Hal ini merugikan pemerintah karena penyaluran bantuan tidak tepat sasaran serta menambah beban dan anggaran.

Pada tahun 2024, perkiraan atau perkiraan penyaluran LPG 3 kilogram adalah 8,12 juta metrik ton. Peningkatan tersebut dibandingkan tahun lalu sebesar 8,04 metrik ton. Estimasi kebutuhan LPG tiga kilogram dipatok sebesar 8,17 juta metrik ton.

Baca Juga  PSI angkat bicara soal kedudukan dan hak Kaesang Pangarep menjadi presiden

Pilihan Redaksi: Terpopuler: Jokowi Buka-bukaan soal Kenaikan Harga BBM per 1 Juni, Kontroversi dan Pengurangan Gaji Tapera.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *