Ketahui 6 bahaya umum pada oli mesin sepeda motor

Uncategorized124 Dilihat

GOOTO.COM, Jakarta – Ganti oli merupakan hal yang lumrah pada sepeda motor. Menurut Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi, banyak risiko jika jarang mengganti oli mesin.

Periklanan

Berikut beberapa bahaya oli mesin biasa:

1. Minyak cepat menjadi hitam

Warna hitam pada minyak ini disebabkan oleh kerak sisa api yang bercampur dengan minyak. Cairannya terlalu banyak dan airnya tidak layak pakai, kata Wahyu Budhi dalam keterangan resminya, Jumat. , 2 Februari 2024.

2. Instrumen pendek

Perawatan rutin akan memperpanjang umur banyak komponen motor, seperti mesin. Viskositas oli akan menurun jika tidak disimpan dalam waktu lama sehingga menyebabkan kualitas oli menurun.

Singkatnya, mesin sepeda motor akan cepat mati jika tidak rutin mengganti oli mesin, tegas Wahyu Budhi.

3. Pemanas

Tak hanya berfungsi melumasi sepeda motor, oli juga berfungsi membantu menjaga mesin tetap dingin. Jika jarang diganti, fungsi pendinginan mesin juga berkurang akibat oli.

Ini juga yang menyebabkan mesin mengalami overheat, kata Wahyu.

4. Lahan kecil

Getaran saat mengendarai sepeda motor akan semakin terasa jika tidak mengganti oli. Akibatnya, Anda merasa tidak nyaman saat mengendarai sepeda motor.

5. Pengeluaran bahan bakar

“Pasokan minyak atsiri akan berkurang. Konflik antar sumber daya semakin kuat. Artinya performa mesinnya lebih berat. “Situasi ini membutuhkan konsumsi minyak yang lebih banyak agar berbagai hal dapat berjalan,” jelas Wahyu Budhi.

6. Biaya tinggi

Minyak yang memburuk berarti harga lebih tinggi. Pengeluaran Anda bisa bertambah jika ada barang yang cepat aus karena tidak mengganti oli.

“Minyak adalah cairan yang tidak stabil. “Oleh karena itu kualitasnya akan menurun seiring penggunaan,” kenang Wahyu Budhi.

Baca Juga  2.180 Calon Ujian CPNS Kemendikbud SKD dan USK, Warek Ingatkan Ini

Pilihan Redaksi: Wahana Sebut 2.200 Unit Skuter Listrik Honda EM1: Terjual di 2024

Ingin berbicara dengan editor tentang cerita di atas? Yuk gabung ke grup Telegram, pilih salah satu PergiOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *