Kementerian Investasi menyalurkan NIB kepada 1.150 pelaku UMKM

Uncategorized177 Dilihat

Pesan nasional – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 dengan tema “Peluang Berusaha Melalui Kemitraan dan Keadilan bagi Pelaku Usaha Penyandang Disabilitas” di Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) RS Dokter Suyoto Selatan Jakarta pagi ini, 12 Desember 2023.

Dalam program tersebut, Kementerian Investasi/BKPM menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 1.150 Usaha Mikro Kecil (UMK), dan 500 di antaranya merupakan wirausaha penyandang disabilitas. Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Pertahanan, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS), memberikan dukungan bagi penyandang disabilitas melalui proyek ini.

Sekretaris Kementerian Investasi/Sekretaris Utama BKPM Ikmal Lukman mengumumkan komitmen pemerintah untuk memfasilitasi perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko yang terhubung dengan Kementerian/Lembaga terkait. Langkah ini dibarengi dengan upaya khusus untuk mendukung konsumen penyandang disabilitas agar membuka kesempatan yang lebih luas dan menyambutnya tanpa membatasi kesempatan.

“Pemerintah telah memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengembangkan lapangan kerja dan berkontribusi terhadap perekonomian. Saya juga berharap kerja sama antara perusahaan besar dan UMK akan menciptakan pemerataan kesejahteraan. Sejalan dengan peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional di Indonesia 2023. kami tekankan bahwa pemerintah siap bekerja sama satu sama lain untuk “mendukung penyandang disabilitas yang sudah bekerja jika ingin memasuki pasar dunia usaha,” kata Ikmal.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra mengucapkan terima kasih kepada para penyandang disabilitas yang sangat kesulitan mendapatkan kesempatan yang sama di berbagai sektor. Herindra juga menekankan untuk melibatkan penyandang disabilitas dan memberikan mereka potensi penuh.

Periklanan

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman penyandang disabilitas. Sampai saat ini banyak penyandang (difabel) yang belum mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang lain, misalnya dalam pekerjaan dan peluang usaha. Oleh karena itu, kenangan ini kita rayakan agar bisa menjadi inspirasi. hak asasi manusia dan meningkatkan kerja sama dalam mempengaruhi penyandang disabilitas dan pembangunan agar mereka dapat mandiri dan menjadi pionir profesional di masa depan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Investasi/BKPM yang telah memfasilitasi dunia usaha dengan memberikan NIB bagi UMK, khususnya UMK penyandang disabilitas,” kata Herindra.

Baca Juga  Pasalnya, masyarakat yang membayar bisa mendapat 22 persen menurut Kepala BKKBN.

Selain pemberian NIB, juga dilaksanakan kegiatan penandatanganan kontrak usaha besar dengan UMK dan pelaku usaha penyandang disabilitas serta komitmen dukungan darurat kerja antara BPJS Ketenagakerjaan dan Balai Rehabilitasi Kementerian Pertahanan.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, hingga 12 Desember 2023, tercatat 6.734.309 NIB telah berhasil diterima melalui sistem OSS di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 98% merupakan NIB UMK dan 2% merupakan pelaku usaha besar.

Sejauh ini, khusus Daerah Khusus Ibukota Jakarta, telah diterbitkan 579.875 NIB yang menduduki peringkat keempat wilayah dengan NIB terbanyak di Indonesia. Dengan adanya peringatan ini, diharapkan UMK penyandang disabilitas dapat terus berkarya dan mengembangkan pasar usahanya secara nasional dan internasional.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *