Kecamatan Palmerah juarai lomba mural HUT RI

Uncategorized190 Dilihat

RedaksiHarian – Kecamatan Palmerah menjuarai lomba mural bertema Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia (RI) tingkat Kota Jakarta Barat.

Camat Palmerah, Joko Mulyono menjelaskan, pihaknya melalui petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) yang bertugas membuat mural memasukkanunsur tambahan untuk memperkaya tema utama.

“Selain tema utama Proklamasi Kemerdekaan RI, kami juga menambahkan unsur tambahan seperti budaya Betawi,” kata Joko saat dihubungi wartawan di Jakarta pada Kamis.

Selain itu, pihaknya menambah unsur pendidikan serta unsur lain, logo Jakarta Barat dan unsur untuk memperkaya tema utama.

​​​​​​​Pihaknya juga memilih tempat dibuatnya mural dengan mempertimbangkan letak strategisnya.

“Flyover (FO) Slipi kan letaknya di Jalan SParman. Jadi lalu lintasnya padat dan banyak dilewati orang-orang sehingga nilai mural itu juga bisa tersampaikan ke publik,” kata Joko.

Joko juga mengapresiasi kinerja 10 personel PPSU yang umumnya tidak punya latar belakang seniman dalam membuat mural tersebut.

Selain Kecamatan Palmerah, juara kedua disabet Kecamatan Tamansari dan juara tiga Kecamatan Tambora.

Ada empat indikator dalam penilaian lomba mural tersebut. Pertama adalah warna, yakni harmoni, keseimbangan, kontras dan irama.

Kedua adalah bentuk, yakni soal kemiripan bentuk, karakter bentuk, proporsi dan pengolahan bentuk dan komposisi. Ketiga adalah teknik, yakni soal penguasaan karakter media “minyak pastel” dan media lain yang ditambahkan, kreativitas dan kerapian.

Keempat adalah tema, yakni soal relevansi dengan tema yang sudah ditentukan dan orisinalitas dalam menafsirkan tema tersebut ke dalam karya.

Keempat indikator penilaian tersebut masing-masing memiliki bobot 25.

Sebelumnya, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat, Amien Haji menyebutkan, pembuatan mural di setiap kecamatan diinstruksikan untuk dilakukan pada titik yang mudah dilihat publik.

Baca Juga  Rekomendasi Laptop Gaming Murah Dibawah 15 Jutaan Beserta Spesifikasinya

“Sehingga pesan-pesan kemerdekaan, pesan sejarahnya bisa tersampaikan ke publik. Salah satunya di bawah ‘flyover’ seperti ini,” kata Amien saat melakukan penilaian mural di FO Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (16/8).

Ia juga mengatakan bahwa pembuatan mural akan dilakukan pada tingkat kelurahan. “Nanti kita akan buat juga di seluruh kelurahan di Jakarta Barat,” kata Amien.

Baca juga:

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *