Kata Jokowi ASN dan IKN per Juni 2024, rencana tower hunian apa saja yang disetujui?

Uncategorized103 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan konsep green and smart building pada proses pembangunan perumahan bertingkat tinggi ASN – Keselamatan dan keamanan di Archipelago Capital atau IKN.

Dari segi green building, akomodasi untuk ASN ini memiliki fasilitas dan mebel cukup dengan itu. “Agar ASN bisa hidup nyaman. Oleh karena itu, ASN akan datang dan membawa pakaian serta perlengkapan yang diperlukan,” kata Direktur Departemen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Sabtu, 2 Maret 2024.

Iwan menambahkan, konsep green and smart building diterapkan dengan menggunakan teknologi terkini. Hal ini untuk mendukung pengurangan dampak gas rumah kaca.

Total 47 tower itu akan menampung 2.820 unit hunian. Pegawai ASN-Dankam nantinya akan bekerja di IKN dan bisa tinggal di unit hunian seluas 98 meter persegi, kata Iwan.

Nantinya, kata Iwan, masing-masing tower akan dibangun 12 lantai. Lantai 1 dan 2 digunakan sebagai podium fasilitas umum/fasilitas umum (fasos/fasum) seperti aula, pertokoan, gedung olah raga, ruang publik, dan lain-lain. Sisanya 10 kavling lagi untuk perumahan.

Selain itu setiap lantai dilengkapi dengan akses tangga dan pintu darurat, panel surya di atap serta sistem bangunan yang indah. “Setiap hunian memiliki ruang keluarga, meja kerja, balkon, ruang makan, dapur, laundry, kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak, dan 2 kamar mandi,” kata Iwan.

Pada setiap gedung diterapkan sistem kendali listrik, sistem kendali gas, sistem air bersih, dan sistem hemat energi. Sistem keamanan parkir, tombol panik, kontrol akses, sistem CCTV, sistem darurat kebakaran, sistem pelarian yang diaktifkan dengan suara juga digunakan.

Presiden Jokowi sebelumnya memastikan pembangunan gedung aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat pertahanan keamanan (Hankam) di Wilayah Ibu Kota Kepulauan (IKN) berjalan sesuai jadwal.

Baca Juga  Israel menemukan 'terowongan Hamas terbesar' di dekat perbatasan Gaza

Periklanan

Presiden menyampaikan, 12 menara akan selesai pada Juli, 21 menara lagi pada September, dan 14 menara lagi pada November. Total ada 47 tower yang akan selesai pada akhir November 2024.

“Transformasi ASN di bidang keamanan dan pertahanan di sini bisa dimulai pada bulan Juni,” kata Jokowi saat merayakan selesainya atau mengalir keluar ASN Bidang Keamanan dan IKN, Jumat 1 Maret 2024, dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Kepala Negara.

Di sisi lain, Jokowi menyebut peninggian atap merupakan simbol bahwa pembangunan hunian telah mencapai tingkat tinggi dan bangunan induk telah selesai dibangun. Hal ini, kata dia, merupakan langkah besar dalam upaya mengembangkan ibu kota Indonesia sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi juga mengatakan pengalihan ASN dan IKN akan dilakukan secara bertahap. Hal ini seiring dengan persiapan perusahaan pendukung bagi mereka. Hal itu diungkapkannya saat meninjau IKN pada Kamis, 29 Februari 2024.

Misalnya, perumahan itu yang paling penting. Lalu sekolah untuk anaknya yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya, kata Jokowi. “Jadi semua itu harus diatur, pengelolaan seperti ini tidak mudah. ​​Ini yang kita dukung.”

Antara | MAKAN RAHAYU

Pilihan Editor: Listrik Tenaga Surya PLN Bekerja di IKN, Hanya 10 MW dari Rencana 50 MW.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *