Jalur Sekolah Rocky Gerung, Akhirnya 2 Universitas di Lampung

Uncategorized190 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaRocky Gerung sering mendapat penolakan saat diajak ke kampus. Sekolah juga menawarkan berbagai item. Terakhir, dua sekolah di Lampung pun menolak kehadirannya sebagai pembicara dalam diskusi yang digelar BEM.

Sekolah mana dan kenapa menolak kehadiran Rocky Gerung?

1. Universitas Lampung (UNILA)

Penolakan terbaru Rocky Gerung terjadi di Universitas Lampung atau kampus Unila pada Kamis 14 September 2023 sore. Diskusi Publik yang menampilkan pengamat politik tidak dilakukan di sekolah. Pasalnya, Rektorat Unila melarangnya. Ada percakapan BEM FEB Unila pindah ke GSG Pahoman, Bandar Lampung.

Dalam diskusinya, Rocky Gerung mengatakan, halaman sekolah memang menjadi tempat terjadinya perang dan pertentangan gagasan. Rocky juga bercerita tentang kegagalan dialog di sekolah Unila. Menurutnya, kampus sekolah yang baik adalah tempat berdiskusi dan bertukar pikiran. Ini bukanlah keheningan pikiran.

Oleh karena itu, gagasan itu harus dibiarkan (di kampus), bahwa inilah yang disebut kebebasan akademik, kata Rocky Gerung.

2. Institut Teknologi Sumatera

Setelah Unila, Institut Teknologi Sumatera atau Sekolah Itera di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung juga menolak kehadiran Rocky Gerung untuk ikut berdiskusi. Ketua BEM Itera Erza Refendra mengatakan, alasan penolakan tersebut karena Rocky terlibat kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo.

“Sudah dua hari ini dilarang, padahal persiapannya sudah sebulan,” kata Reza, Rabu, 13 September 2023.

Pihak sekolah merasa, kata Reza, sebagai sekolah negeri, Itera masih membutuhkan dukungan dari pemerintah. Pembahasan ini dikhawatirkan akan memperburuk keadaan. Reza mengatakan pihak kampus bahkan sudah mengeluarkan surat edaran tentang netralisasi kampus soal politik pada tahun 2024. Pasalnya, Itera merupakan kampus teknologi.

“Sebagai pelajar kita ingin mengedepankan kemandirian, kita ingin belajar dengan baik. “Jadi kami sangat menyayangkan pelarangan ini,” ujarnya.

Baca Juga  Piala Dunia U-17 2023: Polandia Kalahkan Jepang 0-1, Pelatih Marcin Wlodarski Sebut Terjadi Hujan

3. Universitas Darul Ulum

Awal Agustus lalu, kehadiran Rocky Gerung sebagai pembicara dalam seminar di Darul Ulum atau Kampus Universitas Undar, Jombang pun menuai protes. Banyak pihak yang menamakan dirinya Pejuang Kepulauan Indonesia Bersatu atau PNIB muncul menolak kedatangan Rocky. Aksi demonstrasi ini untuk menjaga muruah Jombang, salah satu kota kelahiran Republik Indonesia. Oleh karena itu, praktik ini juga untuk menjunjung harkat dan martabat negara.

Hari ini Rocky Gerung, perusak semangat bangsa, perusak kehormatan bangsa, datang ke Jombang, menghancurkan Jombang yang melahirkan Republik ini, Korlap Aski PNIB, Abdul Rozak, kepada wartawan di sana, Selasa, Agustus . 1 2023.

4. Universitas Airlangga

Periklanan

Di hari yang sama, Rocky Gerung sebenarnya dijadwalkan mengikuti seminar bertajuk ‘UU Pemuda Indonesia: Ujung Tombak Perubahan Nasional dan Global di Universitas Airlangga, Selasa 1 Agustus 2023, pada pukul 14.00 WIB.

Diskusi direncanakan di Aula KRT Fadjar Notonegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga atau Unair.

Penyelenggara acara yang juga Ketua BEM Fisip Unair, Aulia Thaariq Akbar mengatakan, rencananya acara tersebut akan digelar di aula Fakultas Kedokteran (FK) Unair. “Penyelenggara BEM Unair,” kata Thaariq pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Awalnya, tempat seminar bukan di FK Unair. Awalnya panitia ingin menggunakan gedung Departemen Ekonomi Bisnis atau FEB Unair. Namun lokasi acara dipindahkan ke FK Unair sehari sebelum acara. Pagi hari sebelum acara, Thaariq datang untuk mempersiapkan diri sebagai penyelenggara. Namun sore itu, CEO FK Unair tiba-tiba marah. Ia meminta agar program tersebut dibatalkan.

“Pagi harinya, saya datang lebih dulu untuk berbicara. Sekitar pukul 13.00 WIB, panitia mendapat informasi bahwa pimpinan FK marah dan tidak menyetujui upacara tersebut. “Ternyata memang tidak bisa dilakukan, sehingga akhirnya dibatalkan,” ujarnya.

Baca Juga  Hampir 2.000 akun terlibat dalam perjudian online, kata Komisi Komunikasi Informasi.

Rocky Gerung, kata Thaariq, sudah tiba di lokasi. Guru kemudian mengajak siswanya untuk berfoto bersama. Menurut Thaariq, padahal editorial tersebut tidak ada hubungannya dengan politik. Saat itu, panitia menilai pekerjaannya sudah bagus tanpa membicarakan politik.

“Rocky Gerung sudah ada, akhirnya banyak yang minta foto di depan aula, tapi belum masuk ke aula,” ujarnya.

5. Universitas Mataram

Setahun lalu, 16 September 2022, Rocky Gerung datang Universitas Mataram atau Unram bertanya juga. Rocky rencananya akan mengikuti seminar yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Garda Ideologi Nasional atau UKM PIB Unram. Ketua panitia program nasional dari UKM PIB Unram, Naufal Dzulkifli mengaku sedih dengan tindakan Unram.

Naufal menuturkan, “Awalnya saat saya minta izin sewa tempat dan izin, program tersebut ditolak karena Pak Rocky Gerung berada di bawah WR III Unram.”

Naufal mengatakan, yang jelas WR III Unram tidak memberikan izin untuk menyelenggarakan seminar nasional yang rencananya digelar di Gedung Umum Unram. Ada dua alasan Unram menolak kedatangan Rocky Gerung. Naufal menilai alasan tersebut tidak masuk akal. Pertama, alasan waktunya karena jadwal di Unram sangat padat. Alasan kedua adalah sebuah masalah.

“Saya kira karena pembicaranya. “Alasannya karena Pak. Rocky Gerung kerap melontarkan pernyataan kontradiktif di media sosial,” kata Naufal.

Pilihan Editor: Unair Sepihak Batalkan Upacara Bicara Rocky Gerung dan Saut Situmorang Jadi Pemateri, Ini Keluhan BEM Unair



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *