Israel menemukan ‘terowongan Hamas terbesar’ di dekat perbatasan Gaza

Uncategorized175 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaMenghancurkan atau menonaktifkan terowongan dan bunker sepanjang ratusan kilometer adalah salah satu tujuannya serangan Israel dimulai ketika teroris Hamas melakukan pembantaian dan penculikan di kota-kota selatan dan pangkalan militer pada 7 Oktober.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran Hamas dalam serangan tersebut adalah perbatasan Erez antara Gaza dan Israel. Hanya 100 meter di selatan pos pemeriksaan, yang tersembunyi di dalam lubang pasir, tentara menunjukkan kepada wartawan titik keluar dari apa yang mereka sebut sebagai operasi bendera Hamas.

Terowongan ini memanjang secara diagonal hingga kedalaman 50 meter, kemudian diperluas hingga tinggi dan lebar 3 meter (10 kaki), dengan peralatan listrik.

Kepala Staf berbicara kepada Laksamana Muda Daniel Hagari memperkirakan panjang terowongan tersebut adalah 4 km – cukup untuk mencapai bagian utara Kota Gaza, ketika jantung Hamas dikuasai dan kini dihancurkan oleh perang regional.

Itu adalah “terowongan terbesar yang kami temukan di Gaza… yang dimaksudkan untuk menargetkan penyeberangan (Erez),” kata Hagari, tanpa menyebutkan secara spesifik apakah terowongan tersebut digunakan oleh Hamas. Pertarungan 7 Oktober.

“Jutaan dolar diinvestasikan dalam terowongan ini. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun terowongan ini… Mobil bisa melewatinya.”

Hamas tidak menanggapi permintaan tersebut Reuters mengomentari akun Israel.

Secara umum Terowongan Hamas tim tersebut menunjukkan bahwa media, atau tentara Israel setelah penemuannya, berbentuk sempit dan rendah – media tersebut dirancang untuk pergerakan barisan prajurit. Terowongan yang ditunjukkan Hagari memiliki poros vertikal dan ke bawah, yang menurutnya merupakan bagian dari jaringan yang lebih luas.

Periklanan

Terowongan tersebut telah menjadi tantangan bagi para insinyur Israel, yang khawatir jaringan tersebut dapat menyembunyikan terowongan yang digunakan oleh Hamas. Hal ini telah mengurangi serangan yang menimbulkan banyak korban jiwa di kalangan warga sipil Palestina dan mengejutkan komunitas internasional.

Baca Juga  Terbentuknya Pimpinan dan Komite Dewas KPK, Novel Baswedan menyebut ujian akhir Jokowi dalam pemberantasan korupsi.

Hagari menunjukkan kepada wartawan video Mohammed Sinwar, saudara laki-laki pemimpin Hamas Yahya Sinwar yang merupakan perwakilan terbesar di grup, sedang duduk di kursi penumpang mobil yang dia pikir sedang melaju di terowongan.

Pada tanggal 29 Oktober, kantor berita Israel Ynet melaporkan bahwa tentara membunuh beberapa pria bersenjata yang menyerang Erez ketika mereka memasuki daerah tersebut melalui sebuah terowongan. Kantor Hagari tidak menanggapi pertanyaan apakah dia berbicara tentang terowongan tersebut.

Reuters

Pilihan Editor: Top 3 Dunia: Kronologi Pembunuhan Tentara Israel dan Jurnalis Al Jazeera



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *