Inilah aturan beli rumah Rp 2 miliar yang kini bebas pajak

Uncategorized167 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghapus pajak pertambahan nilai (PPN) untuk pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Pengalihan Barang Milik Pemerintah Tahun Anggaran 2023 yang diterbitkan pada 21 November 2023.

Dalam undang-undang ini, insentif perpajakan pemerintah untuk pembelian properti diperluas dari Rp2 miliar menjadi Rp5 miliar, namun meski diperluas, insentifnya hanya Rp2 miliar.

Dalam Pasal 2 ayat 1 disebutkan insentif PPN diberikan atas pembelian bangunan dan tanah. Bangunan yang dimaksud adalah bangunan yang berupa rumah atau rumah bertingkat, baik yang bertingkat maupun yang bukan rumah tangga, termasuk bangunan tempat tinggal yang sebagian digunakan sebagai pertokoan atau apartemen pekerjaan.

Sedangkan rumah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf b merupakan rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal, demikian bunyi Pasal 2 Ayat 3 dikutip Tempo, Sabtu 25 November 2023.

Kemudian, rumah atau rumah tanah sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 harus mempunyai dua hal. Pertama, harga jualnya sekitar Rp 5 miliar, dan kedua, rumah baru dibeli atau rusun baru yang diserahkan dalam kondisi siap huni.

Selanjutnya: Selain itu pada pasal 4 ayat 2 tertulis rumah atau rumah…



Quoted From Many Source

Baca Juga  Tim dokter RSSA berhasil pisahkan bayi kembar siam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *