Indonesia perkuat hubungan dagang rempah dengan India

Uncategorized220 Dilihat

RedaksiHarian – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berkomitmen memperkuat hubungan dagang dengan India, terutama pada sektor rempah, saat mengunjungi Agricultural Products and Livestock Market Committee (APMC) Market di Navi, Mumbai, India pada Rabu (23/8) waktu setempat.

Zulkifli mengatakan, Indonesia merupakan negara penghasil rempah-rempah yang diekspor ke sejumlah negara termasuk ke India. Ia mengaku cukup kaget melihat skala perdagangan rempah APMC yang sangat maju.

“Indonesia akan terus memperkuat hubungan dagang dengan India, khususnya di sektor perdagangan rempah. Untuk itu, Indonesia harus belajar,” ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, cengkeh asal Manado yang dikenal dengan nama Lalpari cukup terkenal di India. Cengkeh tersebut dianggap memiliki kualitas terbaik di dunia.

“Kita harus terus mempertahankan dan bahkan terus meningkatkan kualitas cengkeh Indonesia,” kata Zulkifli.

Zulkifli menyampaikan, usai menghadiri G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM), Ia berencana berdiskusi dengan Menteri Perdagangan India Piyush Goyal untuk mencari solusi tentang hambatan-hambatan tarif.

APMC Market merupakan pusat perdagangan rempah terbesar di India dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan dunia. APMC Market memiliki 15.000 perusahaan terdaftar dengan luas kawasan sebesar 77 hektare.

Pada kesempatan ini,Zulkifliturut mengundang anggota APMC untuk hadir dalam misi dagang India di gelaran Trade Expo Indonesia 2023 pada 18-22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang.

Sementara itu, Direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) Gopaal Ahuja menyampaikan, kehadiran Mendag Zulkifli Hasan merupakan sebuah kehormatan besar. Sebab, India dan Indonesia telah memiliki sejarah hubungan dagang yang panjang.

“Kami memiliki hubungan dagang yang panjang dengan Indonesia. Banyak rempah-rempah di sini yang datang dari Indonesia, seperti lada, ketumbar, dan cengkeh,” kata Gopaal.

Baca Juga  Inilah yang dipilih Slank sebagai presiden

Dalam kunjungan ini, Mendag Zulkifli Hasan juga berkesempatan berkeliling ke APMC Market untuk melihat produk rempah-rempah yang dijual di pasar tersebut secara ritel maupun grosir.

Menurut Gopaal, para pengusaha rempah India merasa senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Zulkifli Hasan.

“Para pengusaha senang bisa bertemu dan berdialog langsung dengan Mendag Indonesia. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang penting. Mendag Indonesia mau turun ke pasar seperti ini adalah sesuatu yang luar biasa,” ujar Gopaal.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *