Indonesia masih jadi magnet untuk disambangi bintang-bintang Eropa

Uncategorized216 Dilihat

RedaksiHarian – Indonesia masih menjadi magnet untuk disambangi mantan bintang-bintang sepak bola dunia, baik yang berstatus masih aktif bermain atau yang sudah pensiun.

Hal itu sebenarnya bukan barang baru atau tren musim. Bintang-bintang maupun mantan bintang Eropa tersebut kerap mendatangi Indonesia sebagai bagian dari pekerjaan profesional atau untuk berlibur.

Bahkan tokoh yang selalu dibandingkan dengan Lionel Messi, Cristiano Ronaldopun pernah mendatangi tanah air. Ronaldo datang ke Indonesia pada 2005 untuk menemui pesintas tsunami Aceh.

Setelah itu pada 2013, Ronaldo kembali datang ke Indonesia dan secara simbolis menanam pohon mangrove bersama Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Beberapa tahun silam, Mesut Ozil juga pernah datang ke Indonesia. Mantan pemain timnas Jerman itu sempat menunaikan ibadah sholat Jumat di masjid Istiqlal, serta melakukan kunjungan ke pabrik sepatu yang mengontraknya.

Sekira dua bulan silam, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mendatangkan lima pemain legendaris untuk mengisi acara perayaan ulang tahunnya serta memberi pelatihan kepada sejumlah pesepak bola muda.

Kelima pemain legendaris itu adalah Roberto Carlos, Eric Abidal, Marco Materazzi, Juan Sebastian Veron, dan Giorgios Karagounis. Kelima pemain tersebut mengakui sangat menikmati saat-saat menghabiskan waktu di Jakarta.

Kehadiran para bintang, baik yang masih aktif atau berstatus sudah pensiun, tersebut memang terkait dengan kegiatan profesional mereka. Walau demikian, terkadang ada masukan-masukan bagus yang bisa diberikan oleh para bintang terkait sepak bola Indonesia.

Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni setelah pertandingan melawan timnas Indonesia pada Juni mengatakan penampilan tim Garuda sudah cukup baik dan mesti dilanjutkan agar dapat mencapai tahap berikutnya.

Terkini saat mendatangi Indonesia, mantan kiper Manchester United Peter Schmeichelmenilai Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah membuat banyak perubahan.

Baca Juga  Pengaduan antara PLN dan pelanggan di Cengkareng dikenakan denda Rp. 33 juta. Hasilnya tidak jelas.

“Saya tahu ketua federasi Anda masih baru dan dia belum lama menempati jabatannya, tetapi dia sudah membuat banyak perubahan,” kata Schmeichel pada acara yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (5/8).

“Mungkin ini akan dimulai dari dia. Kalau dia memiliki ide yang bagus, semua orang bisa mengikutinya. Mungkin dari itu akan memberikan hasil dan Anda bisa membangun dari situ,” tambahnya.

Ke depan, Indonesia akan tetap didatangi oleh bintang-bintang olahraga. Mudah-mudahan dari kedatangan mereka, bangsa Indonesia dapat mengambil pelajaran atau pandangan positif untuk membangun sepak bola, maupun dunia olahraga secara umum.

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *