Hari Perempuan Internasional, pentingnya peran perempuan dalam membangun sistem kesehatan Indonesia

Uncategorized71 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – kata Direktur Obat dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Rizka Andalusia. Wanita mempunyai peranan penting dalam bidang kesehatan. Hal ini dapat dilihat baik sebagai tenaga kesehatan maupun sebagai penerima pelayanan kesehatan. Rincian Kementerian Kesehatan pada tahun 2024 menunjukkan jumlah tenaga kesehatan di Indonesia mencapai 1,5 juta orang dan 77 persen diantaranya adalah perempuan. Kepemimpinan perempuan-perempuan ini menunjukkan kontribusinya yang besar dalam menjaga kesehatan masyarakat, kata Rizka dalam diskusi publik bertajuk ‘Membangun Pemimpin Perempuan di Sektor Kesehatan’ 7 Maret 2024.

Rizka melanjutkan, perempuan harus diberdayakan untuk mendukung kesehatan keluarga dan komunitasnya. “Tugas perempuan untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga meliputi pemantauan kehamilan, imunisasi dan pemantauan tumbuh kembang anak, serta mendukung kesehatan keluarga,” ujarnya.

Perempuan dalam keluargalah yang mengingatkan mereka untuk menjalani pola hidup sehat agar dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga. Karena perempuan adalah cerminan hidup sehat keluarganya. Perempuan yang sehat dan sehat dapat menyampaikan pesan-pesan kesehatan yang baik dan dapat memulai hidup sehat tidak hanya bagi keluarganya, tetapi juga bagi masyarakat, kata Rizka.

Diskusi Publik ‘Pemberdayaan Perempuan di Bidang Kesehatan’ 7 Maret 2024/ Istimewa

Di tingkat keluarga, setiap orang, apapun jenis kelaminnya, mempunyai peran penting dalam menjamin kesejahteraan keluarga. Perempuan, khususnya, memiliki peran penting dalam mengelola dampak perubahan iklim terhadap kesehatan. Hal ini termasuk penyediaan air bersih, pengelolaan limbah, pencegahan penyakit, dan memastikan ketahanan pangan keluarga.

Wakil bidang Kesetaraan genderMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N. Rosalin mengatakan, jumlah perempuan di Indonesia mencapai 49 persen atau hampir separuh jumlah penduduk, namun kesenjangan gender masih terjadi dan perempuan masih muncul di hampir semua bidang kehidupan.

Baca Juga  Pimpinan OIKN Nusantara menerima 328 surat investasi untuk IKN

Ia menegaskan, kesehatan masyarakat merupakan faktor kunci Indonesia dalam membangun masyarakatnya. Tantangannya adalah indeks pembangunan manusia (IPM) di banyak daerah masih berada di bawah IPM nasional. “Kalau bicara kebijakan publik, termasuk di bidang kesehatan, ada empat hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu AMPK – Akses, Nilai, Partisipasi, dan Kontrol. Lenny mengatakan, “Empat bidang itu ya, perempuan masih subordinat dari laki-laki. Lenny juga mengajak perempuan di Indonesia untuk terus belajar, mendidik diri sendiri, dan menjadikan setiap tantangan sebagai peluang untuk meningkatkan hak-hak mereka.

Direktur Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia Aryana Satrya mengatakan hal itu mendesak Hari Perempuan Internasional Pada tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya perempuan di dunia dan di Indonesia, bahwa perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan negara. “Dalam program kami saat ini, perempuan berperan penting dalam meningkatkan sistem kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

Periklanan

Selain sebagai tumpuan keluarga, perempuan juga dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, dan mendorong terciptanya kebijakan yang mendukung kesehatan perempuan. “Kami berharap diskusi ini dapat menginspirasi perempuan di Indonesia dan mendorong terciptanya perubahan positif terkait situasi kesehatan di Indonesia, serta menjadikan perempuan Indonesia semakin peduli terhadap masalah kesehatan,” kata Aryana Satrya.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berpendapat bahwa perempuan mempunyai peran besar dalam kesehatan masyarakat, sehingga partisipasinya sangat penting dalam mendorong upaya penguatan sektor kesehatan. “Kami berterima kasih kepada penyelenggara PKJS UI dan Takeda yang telah mengangkat isu partisipasi dalam perayaan Hari Perempuan Internasional, sehingga kita bisa mendengar sesuatu yang menginspirasi, khususnya di bidang kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga  Budiman Sudjatmiko membantah hanya ASN yang berminat dengan IKN

Peran perempuan dalam meningkatkan kesehatan sangatlah penting, apalagi saat ini El Nino berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Demam Berdarah Dengue (DBD) pun sudah menyebar ke berbagai daerah. Oleh karena itu, kami mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk memperkuat pencegahan DBD secara komprehensif yaitu 3M Plus dan vaksinasi DBD sebagai pilihan pencegahan terbaik, kata Lestari.

Sementara itu, Global Head of Access to Medicine, PT Takeda Innovative Medicines Michelle Erwee mendorong para pemimpin perempuan untuk menginspirasi partisipasi. “Kami percaya pada pernyataan bahwa keberagaman adalah kenyataan dan inklusi adalah praktik. Inklusivitas adalah cara kami menciptakan lingkungan yang dapat mendorong perempuan untuk berkembang. Michelle mengatakan, “Ini adalah inti dari budaya kami di Takeda, kami terus mengupayakan persatuan untuk mengeluarkan potensi semua wanita di Takeda di seluruh dunia.”

Michelle mengenang bahwa separuh dari Tim Kepemimpinan Eksekutif Global Takeda adalah perempuan, terlebih lagi di Indonesia. “Takeda di Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan ke depan, kami akan terus menjadi mitra terpercaya bagi negara,” ujarnya.

Pilihan Editor: Hari Perempuan Internasional, Australia meluncurkan Panduan Tunjangan Anak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *