Gunung Lewotobi kembali mengeluarkan awan panas, terjadi 5 kali letusan

Uncategorized544 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG mencatat peristiwa awan panas akibat letusan. Gunung Lewotobi Pria di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Telah terjadi awan hangat turun di wilayah utara-barat laut sekitar satu kilometer pada pukul 08.00 WITA,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki, Bobyson Lamanepa di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Minggu, 14 Januari 2024.

Sebagai langkah mitigasi, ia meminta masyarakat tidak melakukan apa pun dalam jarak empat kilometer dari pusat letusan dan area lima kilometer ke arah barat laut dan timur laut.

Kawasan ini mencakup wilayah lima kilometer arah barat laut ke arah utara adalah Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura.

Sedangkan wilayah yang termasuk dalam wilayah lima kilometer arah timur laut adalah Desa Nobo dan Nurabelen di bawah pemerintahan Ile Bura.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki pada pukul 00.00 WITA hingga 06.00 WITA, asap bertekanan tinggi terlihat berwarna putih abu-abu dan sangat pekat pada ketinggian 500 hingga 1.000 meter di atas permukaan lubang.

Selain itu, terlihat lima ledakan dengan ketinggian 500 hingga 1.000 meter dan asap berwarna putih abu-abu.

Periklanan

Dari pantauan, kata Bobyson, api dan aliran air terlihat di kawasan menghadap timur laut sekitar dua kilometer dari badan sumur utama.

Kemudian kami juga melihat hujan lebat di wilayah barat laut-utara sekitar satu kilometer. ruang angkasa basis.

“Akibat erupsi masih berlangsung, kami terus mengimbau warga untuk menggunakan masker, pelindung mata, dan menutup tempat penampungan air yang ada,” ujarnya.

Pilihan Redaksi : Mendengar nasehat dari ketua panitia bagi peserta SNPMB 2024 yang sedang berjalan.

Baca Juga  Kemarin, Presiden kenakan baju adat Surakarta hingga Anies tercebur

Selalu update informasi terkini. Dengarkan siaran berita dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “Tempo.co Updates”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda perlu menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *