Gunung Anak Krakatau kembali erupsi malam ini

Uncategorized222 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaGunung Anak Krakatau pengalaman lain ledakan pada hari Senin tanggal 4 Desember 2023 pukul 22.57 WIB. Ketinggian kolom abu sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut.

Di situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBGLetusan tersebut mengirimkan kolom abu hitam dengan kekuatan besar dari gunung ke arah barat laut.

Ledakan tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo 64 milimeter dan durasi kurang lebih 2 menit 30 detik.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan Andi Suardi meminta masyarakat tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer. Kota terdekat dengan gunung ini berada di Pulau Sebesi dengan jarak 16,5 kilometer.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III, waspada, dengan imbauan masyarakat, nelayan, dan pendaki agar tidak mendekati gunung dalam jarak lima kilometer,” ujarnya.

Periklanan

Pertama, Gunung Anak Krakatau meletus pada Sabtu 2 Desember 2023.
Ledakan pertama terjadi pada pukul 07:59 WIB di ketinggian kurang lebih 500 meter dari permukaan tanah dan 657 m di atas permukaan laut. Kolom abu terlihat berwarna putih hingga abu-abu dengan warna dan intensitas tergantung arah barat laut.

Kemudian terjadi ledakan kembali pada pukul 11.21 WIB dan tinggi kolom abu terlihat sekitar 700 mm di atas puncak, dan dari permukaan laut sekitar 857 m, kolom abu terlihat berwarna hitam dan kuat condong ke arah timur laut. .

Pilihan Redaksi: Gunung Marapi Erupsi, 14 Kecamatan di Agam Terdampak Hujan Abu dan Batu.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Polisi: 10 terduga teroris di Jawa Tengah, wilayah Timur Jemaah Islamiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *