Gubernur Sumut ajak negara sahabat memperkuat kerja sama

Uncategorized194 Dilihat

RedaksiHarian – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak konsul jenderal negara sahabat untuk memperkuat kerja sama guna meningkatkan daya saing wilayah ini pada level internasional.

“Kita harus meningkatkan kerja sama, apa yang bisa kita lakukan untuk Sumut hingga memiliki daya saing di level internasional,” kataEdy Rahmayadisaat acara Malam Resepsi Kenegaraan, di Medan, Jumat.

Ia mengatakan, tujuan peningkatan daya saing tersebut, untuk menyejahterakan rakyat. Selain itu, juga memberikan kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Muaranya untuk menyejahterakan rakyat, akan sulit tercapai bila kita tidak satu visi, mudah terpecah-belah dan tidak memiliki komitmen yang sama,” kata Edy Rahmayadi.

Dia menjelaskan, pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Sumut triwulan II sebesar 5,19 persen, lebih tinggi dari nasional yakni 5,17 persen, Indeks Pembangunan Manusia meningkat 0,71 poin atau 72,71 poin dibanding tahun lalu, menurunnya angka kemiskinan dari 8,33 persen pada September 2022 menjadi 8,15 persen pada Maret 2023 atau berkurang sekitar 22.400 jiwa.

Lebih lanjut, kata Edy, pada bidang tenaga kerja, tingkat pengangguran terbuka menurun 0,92 persen , dari 6,61persen di Agustus 2022 menjadi 5,24 persen di Februari2023. Begitu juga pengendalian inflasi yang menunjukkan tren positif, pada bulan Juli 2023 sebesar 2,54 persen.

“Ini semua berkat kerja sama stakeholder dan masyarakat Sumut, tetapi tentu kita perlu lebih dari ini untuk mewujudkan Sumut yang Bermartabat,” ujarnya lagi.

Konsul Jenderal Jepang di MedanTakonai, mewakili konsul negara sahabat lainnya, mengatakan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah memberikan perubahan signifikan untuk Sumut.

“Kami memberikan apresiasi yang besar atas upaya mereka berdua memajukan dan mengembangkan Sumut ke tingkat yang lebih baik,” ujar Takonai.

Baca Juga  Shin Tae-yong: Laga melawan Australia ini merupakan penampilan terbaik Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Post Views: 1

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *