Drone Ukraina Lepas Landas Pelabuhan Rusia, Akankah Picu Pembalasan Besar-besaran?

Uncategorized168 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Industri Energi Rusia Novatek menghentikan beberapa operasi di pelabuhan utama Baltik karena kebakaran tersebut, kata laporan media. Ukraina seperti serangan droneMinggu, 21 Januari 2024.

Kompleks Ust-Luga yang besar, terletak di Teluk Finlandia sekitar 170 km sebelah barat St. Petersburg. Petersburg. Petersburg, yang digunakan Rusia untuk mengangkut barang minyak dan gas ke pasar internasional. Perusahaan menstabilkan gas kondensat – suatu bentuk bahan bakar – menjadi nafta ringan dan berat, minyak tanah dan solar untuk pengiriman melalui laut.

Tidak diketahui berapa lama gangguan ini akan berlangsung, berapa banyak kapal yang akan keluar dari pelabuhan, dan dampaknya terhadap pasar energi internasional.

Infrastruktur penting sedang dikerahkan di Wilayah Leningrad dan lembaga keamanan, pertahanan, dan penegakan hukum untuk menghancurkan drone yang terdeteksi, kata pemerintah daerah melalui Telegram.

Perusahaan penyiaran Interfax-Ukrainamengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, menyebutkan bahwa kebakaran tersebut merupakan hasil operasi khusus aparat keamanan Ukraina.

“Terminal Minyak Ust-Luga… adalah titik penting bagi musuh. Minyak disuling di sana, yang antara lain juga dipasok ke tentara Rusia,” kata salah satu pemimpin utama di awal.

“Serangan yang berhasil terhadap pelabuhan semacam itu tidak hanya akan menyebabkan kerusakan ekonomi pada musuh…tetapi juga dengan cepat menggoyahkan militer Rusia.”

Jika klaim Ukraina benar, serangan semacam itu akan menunjukkan kemampuan Kyiv untuk menembus Rusia lebih dari sekadar menggunakan apa yang diyakini sebagai drone yang diproduksi di dalam negeri selama pertahanan negara tersebut terhadap generasi perang dan berjuang untuk mendapatkan uang dari Barat. mungkin.

Serangan semacam itu, yang terbaru dari serangkaian serangan dalam beberapa hari terakhir yang menargetkan industri energi Rusia, juga akan menimbulkan pertanyaan tentang kualitas sistem pertahanan udara Rusia di bidang infrastruktur.

Baca Juga  Jadwal PSG vs Newcastle United di Liga Champions, Eddie Howe ingin terus meraih kemenangan

Insiden tersebut, bersamaan dengan apa yang dikatakan Rusia sebagai penembakan terhadap warga sipil di sebuah kota yang dikuasai Rusia di Ukraina timur yang menewaskan sedikitnya 25 orang, dapat memicu pembalasan Rusia yang lebih luas dalam perang yang menunjukkan bahwa tidak ada yang akan berakhir.

Alexander Drozdenko, gubernur wilayah Leningrad, mengatakan melalui aplikasi pesan Telegram bahwa tidak ada korban luka di stasiun Ust-Luga dan semua pekerja telah dievakuasi dengan selamat.

Media Rusia melaporkan bahwa dua tangki penyimpanan dan satu stasiun pompa rusak, namun api dapat dikendalikan.

Periklanan

Novatek, produsen gas alam terbesar di dunia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menghentikan beberapa operasi setelah kebakaran, yang menurut mereka disebabkan oleh “pengaruh eksternal.”

“Proses teknis di Novatek-Ust-Luga telah dihentikan, dan kantor pusat telah dibentuk untuk menghilangkan konsekuensinya. Penilaian kerusakan akan dilakukan nanti,” kata perusahaan itu.

surat kabar Rusia Menembak Diberitakan, warga sekitar mendengar suara drone yang beroperasi di dekatnya dan disusul beberapa ledakan.
Rusia dan Ukraina saling menargetkan infrastruktur energi dalam serangan yang dirancang untuk mengganggu jalur pasokan dan senjata, dan masing-masing pihak berupaya melemahkan pihak lain.

Pada hari Jumat, ledakan bom menghantam depot minyak di wilayah Bryansk barat Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, dan Moskow menyalahkan Kyiv atas serangan tersebut. Hal ini terjadi sehari setelah serangan terhadap pelabuhan Rusia di Laut Baltik yang menurut para pejabat Rusia tidak akan berhasil.

Baza, outlet media Rusia yang terkenal dengan kontak layanan keamanannya, memposting rekaman di Telegram pada hari Minggu yang menunjukkan api besar membumbung ke langit di atas sebuah kompleks industri.

Tiga kapal internasional berhenti di dekat pelabuhan Ust-Luga, meskipun tidak ada laporan kerusakan akibat kebakaran tersebut, kata kantor berita St Petersburg Fontanka.

Baca Juga  Leo/Daniel Gagal di Babak Pertama India Open 2024, Ini Alasannya

Drozdenko mengatakan bahwa “manajemen yang lebih tinggi” telah dibentuk dan para pemimpin telah berkumpul untuk pertemuan darurat.

Novatek telah memproses 3,4 juta ton kondensat gas stabil di lapangan pada paruh pertama tahun 2023, menurut data terbaru yang tersedia, naik 0,6% dari periode yang sama tahun lalu.

Reuters

Pilihan Editor Wanita India Nikki Haley mencoba mengalahkan Trump, inilah rencana pertarungannya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *