Departemen Luar Negeri AS meminta Kongres meninjau kembali bantuan senjata senilai Rp 16 triliun ke Israel

Uncategorized48 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaDepartemen Luar Negeri Amerika Serikat mengajukan paket bantuan untuk Israel senilai USD 1 miliar (Rp 16 triliun) kepada Kongres Amerika Serikat untuk ditinjau. Paket dukungan senjata meliputi tank lapis baja, artileri, dan kendaraan taktis

Selama akhir pekan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman 907 kilogram bom dan 1.700.500 bom mematikan ke Israel karena ia khawatir senjata tersebut akan digunakan dalam – Serangan mematikan di Rafah, sebuah kota di selatan . dari Gaza.

Penasihat Keamanan Gedung Putih Jake Sullivan pada Senin 13 Mei 2024 mengatakan Washington akan terus memberikan bantuan. bantuan militer Total utang sebesar USD 26 miliar (Rp 418 triliun) dalam kasus ini telah dialihkan pada bulan lalu. Namun Gedung Putih memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman senjata karena Washington yakin Rafah berpenghuni dan tidak boleh dibom.

Presiden Kongres Amerika Serikat dan anggota Senat Hubungan Luar Negeri dan Komite Hubungan Luar Negeri di Gedung Putih sedang meninjau beberapa kesepakatan senjata luar negeri. Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak menyerang Rafah tanpa jaminan keselamatan bagi warga sipil. Perang di Gaza telah berlangsung selama tujuh bulan.

Dukungan Biden terhadap Israel melawan Hamas telah menjadi beban politik dan partai di Amerika Serikat, terutama di kalangan politisi muda Partai Demokrat mengingat Biden akan terus menjabat untuk dua masa jabatan sebagai presiden Amerika Serikat.

Periklanan

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) pada 8 Mei menerbitkan infografis yang merujuk pada jumlah total kematian warga Palestina sebanyak 34.844 orang.

Bagan ini menggunakan statistik Kementerian Kesehatan Gaza dan menambahkan catatan pada angka tersebut bahwa “Tidak termasuk lebih dari 10.000 orang yang dilaporkan hilang atau berada di bawah reruntuhan.”

Baca Juga  OJK mengajak Meta dan Google untuk membantu memerangi pinjaman online ilegal

Sumber: Reuters

Pilihan Editor: 3 Besar Dunia: 9 Negara Tolak Palestina di PBB Hingga Serangan Bom Nuklir di Gaza.

Ikuti berita terkini dari Tempo.co dan Google News, klik Di Sini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *