Dalam daftar paspor tersulit di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat ke-6

Uncategorized9 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, JakartaPaspor merupakan dokumen penting yang menentukan kemudahan perjalanan seseorang ke luar negeri. Di Asia Tenggara, banyak negara yang memiliki paspor yang kuat, sehingga memungkinkan warganya bepergian ke banyak negara tanpa visa.

Negara dengan paspor yang kuat mencerminkan hubungan diplomasi yang baik dan stabilitas perekonomian suatu negara. Dengan memiliki paspor yang kuat, warga negara tersebut dapat menikmati perjalanan yang fleksibel dan mudah.

Di bawah ini adalah daftar negara-negara yang memilikinya paspor yang terkuat di Asia Tenggara disebutkan di laman Henley Global. Negara-negara ini diberi skor berdasarkan rambu lalu lintasatau sejumlah negara yang dapat diakses dengan mudah hanya dengan satu paspor atau visa.

Paspor tersulit di Asia Tenggara

1. Singapura

Singapura merupakan negara dengan paspor terkuat di Asia Tenggara dan menempati peringkat pertama dunia dengan paspor terkuat di antara 107 negara.

Rambu lalu lintas Singapura memiliki 195, artinya pemegang paspor Singapura bebas bepergian ke 195 negara tanpa memerlukan visa atau dengan visa on Arrival.

2.Malaysia

Malaysia adalah negara kedua di Asia Tenggara dengan paspor terkuat. Rambu lalu lintas Malaysia berusia 183 tahun.

Pemegang paspor Malaysia bebas bepergian ke 183 negara bebas visa dan visa-on-arrival. 43 negara memerlukan visa saat berkunjung. Malaysia juga merupakan negara dengan paspor tersulit ke-13 di dunia.

3.Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memiliki paspor yang kuat rambu lalu lintas 168. Pemegang paspor Brunei dapat mengunjungi 168 negara bebas visa pada saat kedatangan.

Saat ini, 58 negara memerlukan visa ketika ingin bepergian. Brunei Darussalam adalah negara dengan paspor terkuat ke-22 di dunia.

4. Timor Leste

Timor Leste adalah negara dengan paspor terkuat keempat di Asia Tenggara rambu lalu lintas 97.

Baca Juga  Harga minyak turun di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga AS

Pemegang paspor ini dapat mengunjungi 97 negara bebas visa dan bebas visa pada saat kedatangan. Saat ini, 98 negara memerlukan visa. Timor Leste menjadi negara ke-55 dengan paspor tersulit di dunia.

5. Thailand

Periklanan

Pemegang paspor Thailand rambu lalu lintas 83. Pemegang paspor Thailand bebas bepergian ke 83 negara dengan bebas visa dan visa pada saat kedatangan. Thailand menduduki peringkat ke-63 paspor terkuat di dunia.

6.Indonesia

Pemegang paspor Indonesia rambu lalu lintas 78 dan peringkat ke-68 dalam otoritas paspor di seluruh dunia. Pemegang paspor Indonesia bebas memasuki 78 negara tanpa memerlukan visa atau visa on Arrival.

7. Filipina

Pemegang paspor Filipina rambu lalu lintas 69. Pemegang paspor Filipina bebas bepergian ke 69 negara tanpa visa dan memerlukan visa pada saat kedatangan. Kekuatan paspor Filipina adalah yang ke-74.

8. Kamboja

Kamboja punya rambu lalu lintas 56. Pemegang paspor ini bebas bepergian ke 56 negara tanpa visa atau dengan visa kedatangan. Kekuatan paspor Kamboja berada di peringkat 86.

9. Vietnam

Vietnam punya rambu lalu lintas 55. Pemegang paspor Vietnam bebas mengunjungi 55 negara tanpa visa, 41 negara dengan visa on Arrival, dan 129 negara yang memerlukan visa.

10. Laos

Laos punya rambu lalu lintas 51. Pemegang paspor ini bebas melakukan perjalanan ke 51 negara tanpa memerlukan visa atau dengan visa pada saat kedatangan. Kekuatan paspor Laos adalah yang ke-91.

11. Myanmar

Myanmar adalah negara terakhir di Asia Tenggara yang memiliki paspor paling ketat. Myanmar punya rambu lalu lintas 48.

Pemegang paspor ini bebas bepergian ke 48 negara tanpa visa atau dengan visa on Arrival. Kekuatan paspor Myanmar berada di urutan ke-93.

Baca Juga  Realme C65 Masuk Indonesia, Dua Jutaan Ponsel dengan Sertifikasi Anti Lambat

PUTRI ANGGITA VANDHINI NUGROHO

Pilihan Editor: 5 tips melindungi paspor Anda agar tidak hilang atau rusak saat bepergian



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *