Daftar 8 tips mencegah pneumonia

Uncategorized152 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta -Pneumonia merupakan penyakit yang harus diketahui semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, dewasa hingga orang tua. Namun sebagai penyakit yang disebabkan oleh faktor asing, ada banyak penyebabnya mencegah pneumonia.

Infeksi ini dapat menimbulkan gejala ringan hingga berat dan dapat menyebabkan kantung udara di paru-paru (alveoli) mengalami peradangan dan pembengkakan.

Seperti kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips mencegah pneumonia.

Merangkum berbagai area tersebut, berikut beberapa tips yang dapat mencegah pneumonia, antara lain:

1. Dapatkan vaksinasi flu

Dikatakan bahwa Kesehatan yang baik, vaksin dapat membantu mencegah pneumonia dengan meningkatkan pertahanan Anda terhadap bakteri dan virus tertentu yang menyebabkan penyakit tersebut. Mengonsumsi semua vaksin berikut dapat melindungi Anda dari pneumonia:

– COVID-19

Haemophilus influenzae tipe b (Hib)

– influenza (flu)

– Otot

– Pertusis (batuk rejan)

– Pneumokokus

varicella (cacar air)

Sebagai catatan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar bayi di bawah usia dua tahun menerima empat dosis vaksin flu pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan kemudian booster ‘tween 12 hingga 15 bulan, di itu. Semua orang dewasa di atas usia 65 tahun diberikan vaksin pneumokokus.|

2. Cuci tangan secara teratur

Mencuci tangan secara rutin merupakan salah satu cara melindungi diri dari berbagai penyakit, termasuk pneumonia. Cuci dengan sabun dan air. Lalu, tahan selama kurang lebih 20 detik. Hindari menyentuh wajah dan mata jika tangan Anda kotor.

3. Hindari kontak dengan orang sakit

Jika memungkinkan, sebaiknya hindari orang yang sedang sakit. Hal ini bahkan penting bagi anak kecil dan orang dewasa yang berisiko terkena penyakit. Jika Anda sedang sakit, sebisa mungkin jauhi orang lain agar tidak tertular penyakit tersebut, terutama anggota keluarga atau teman Anda yang kemungkinan besar tertular.

Baca Juga  Gunung Ruang kembali erupsi, Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara hari ini

4. Berhenti merokok

Dikatakan di hal Rumah Sakit Ciputra, merokok dapat merusak paru-paru dan dapat menyebabkan pneumonia. Perokok berisiko lebih besar terkena pneumonia yang mengancam jiwa dan masalah kesehatan lainnya. Berhenti merokok dapat membantu memperkuat paru-paru dan dapat melawan penyakit paru-paru.

Periklanan

5. Hindari Alkohol

Orang yang minum alkohol mempunyai risiko lebih besar terkena pilek dan masalah lainnya. Penggunaan alkohol kronis meningkatkan risiko klinis dan menghancurkan makrofag alveolar dan sel fagositik yang menelan dan menghilangkan mikroba pernapasan sebagai garis pertahanan pertama dan imunitas seluler paru-paru.

Konsumsi alkohol secara kronis merusak fungsi makrofag alveolar, membuat paru-paru Anda lebih rentan terhadap infeksi yang harus mereka pertahankan. Para ahli menganjurkan agar wanita minum tidak lebih dari satu gelas per hari, sedangkan pria minum tidak lebih dari dua gelas.

6. Menjaga Kesehatan Secara Umum

Memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti obesitas, diabetes, asma, COPD, atau penyakit jantung meningkatkan risiko pilek, rawat inap, dan bahkan kematian.

Mencegah kondisi ini melalui kombinasi vaksinasi, pola makan sehat, olahraga teratur, dan kunjungan rutin ke penyedia layanan kesehatan adalah kunci untuk mencegah masuk angin.

7. Mencegah flu menjadi pneumonia

Menurut Healthline, jika Anda terserang flu, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya berubah menjadi pneumonia. Rekomendasinya meliputi:

– Pastikan Anda mendapat istirahat yang cukup saat pulih dari flu atau penyakit lainnya.

– Minum banyak air.

– Mengkonsumsi suplemen seperti vitamin C dan zinc untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Terapkan gaya hidup sehat

Menjaga gaya hidup sehat adalah salah satu pilihan terbaik melawan penyakit. Dikatakan bahwa WebMD, Salah satu pertahanan terbaik Anda melawan penyakit adalah sistem kekebalan tubuh yang kuat. Anda bisa menjalani hidup sehat, seperti:

Baca Juga  Dinas Perumahan DPRD-DKI Tunda Penerapan Tarif Sewa Tetap

– Berolahraga secara teratur

– Ikuti diet penuh buah-buahan dan sayuran

– Tidur yang cukup

– Mengurangi stres

KESEHATAN | WEBMD | Kesehatan yang sangat baik
Pilihan Editor: Ketahui apa itu pilek dan berbagai gejala pneumonia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *