Cegah penyakit tidak menular dengan meninjau informasi nutrisi secara cermat

Uncategorized81 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Prinsip gizi yang tepat adalah kumpulan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam bentuk dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mempertimbangkan jenis makanan yang berbeda. Pakar muda sekaligus pengawas pangan Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Badan POM Pratiwi Yuniarti Martoyo menjelaskan pentingnya menerapkan prinsip gizi yang tepat dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penyakit. penyakit tidak menular.

“Untuk memastikan makanan yang kita makan bergizi, makanlah sesuai prinsip isi piringku dan baca label nutrisi untuk menentukan pilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi kita,” kata Pratiwi dalam diskusi Kesehatan Obesitas di Jakarta. Senin, 4 Maret 2024.

Prinsip ini didukung dengan olahraga teratur, pola hidup sehat, dan pemantauan berat badan secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat guna mencegah gangguan makan. Kementerian Kesehatan telah memutuskan bahwa masyarakat sebaiknya mengonsumsi gula tidak lebih dari 50 gram atau maksimal empat sendok makan per hari, garam tidak lebih dari 5 gram atau setara dengan satu sendok teh, dan lemak atau lemak tidak lebih dari 67 gram. sama dengan lima sendok makan.

Dalam upaya mengetahui konsumsi gula, garam, dan lemak dari pangan olahan, BPOM mengajak masyarakat membaca secara cermat label gizi pada kemasan pangan olahan dengan memperhatikan empat hal tersebut. informasi berguna dan label kemasan. Informasi tersebut berupa jumlah porsi per porsi, total energi per porsi, nutrisi seperti lemak, lemak jenuh, protein, karbohidrat (termasuk gula), dan persentase AKG per porsi.

Baca informasi bermanfaat
Masyarakat juga bisa mempertahankannya Label makanan dikemas di depaninformasi kesehatan, dan klaim tentang gula, garam dan lemak di bagian depan kemasan atau memilih makanan dengan daftar pilihan makanan sehat.

Baca Juga  Persiapan timnas Indonesia vs Tanzania Minggu sore 2 Juni, Shin Tae-yong fokus pada kondisi pemain.

Periklanan

Biasakan membaca informasi bermanfaat sebelum membeli makanan atau minuman yang memenuhi kebutuhan gizi kita. Perhatikan dan kurangi asupan gula, garam, dan lemak harian sesuai anjuran informasi kesehatan, jelas Pratiwi.

BPOM sudah melakukan pengaturan terhadap vendor paket makanan dan toko online untuk menampilkan tabel informasi yang bermanfaat agar masyarakat tetap dapat memperhatikan jumlah nutrisi dalam makanan kemasan yang dibelinya. UU Tabel Nilai Gizi juga berlaku untuk produk UMKM, sedangkan BPOM juga membantu memberikan persentase nilai gizi produk yang dijual.

Kami juga yang memberikan informasi nilai gizinya. Jadi, para produsen UMKM bisa mengambil produknya langsung dan memberi label,” jelas Pratiwi.

Pilihan Editor: Ahli gizi berbagi tips menghindari kalori berlebih selama Ramadhan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *