Budiman Sudjatmiko membantah hanya ASN yang berminat dengan IKN

Uncategorized181 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko membantah pernyataan Anies Baswedan yang menganggap dirinya sebagai ibu kota negara atau IKN Hanya PNS saja yang bisa menikmati pulau ini.

Tidak, IKN bukan sekadar istana, katanya saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Desember 2023.

Mantan politikus PDIP ini mengatakan, IKN tidak hanya bekerja sebagai kontributor, tapi juga kolektor bagi NKRI. Ia mengatakan, IKN akan dibangun bersama sembilan kota lainnya untuk menggalakkan download digital. “IKN juga diperuntukkan bagi generasi muda yang berkreasi dalam menciptakan media digital,” ujarnya.

Menurut Budiman, pengembangan IKN dan sembilan kota lainnya akan dilakukan melalui kerja sama dengan pihak swasta. Ia mengatakan, Prabowo-Gibran akan mendorong kesembilan negara tersebut menjadi negara mandiri. Nantinya kita akan membuat pusat hilirisasi digital, ujarnya.

Budiman menjelaskan, hilirisasi digital merupakan kebijakan yang tidak hanya berlaku pada perangkat, tapi juga ponsel dan laptop buatan anak bangsa sendiri. Ia mengatakan pengunduhan secara digital akan dilakukan di 10 negara, termasuk IKN.

Pertama, calon nomor urut 1, Anies Baswedan mengutarakan pendapatnya soal proyek pemindahan ibu kota atau IKN ke Kalimantan Timur pada debat capres dan cawapres 2024.

Anies menanggapi pertanyaan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo, yang menolak jabatan tersebut sebagai upaya mengatasi permasalahan di Jakarta.

Periklanan

“Kalau ada masalah, jangan ditinggalkan, selesaikan. Itu filosofi yang pertama,” kata Anies dalam acara yang ditayangkan akun YouTube Tempodotco, Selasa, 12 Desember 2023.

Anies berpikir bahwa meninggalkan Jakarta dan pindah ke ibu kota tidak akan serta merta menyelesaikan permasalahan yang ada, namun akan segera teratasi. Dalam jawabannya, ia juga menyoroti aturan IKN.

Baca Juga  Trent Alexander-Arnold mendukung pelatih Brighton Roberto De Zerbi untuk menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool

“Ini salah satu contoh yang belum sampai ke pembahasan publik secara utuh. Bolehkah? Supaya pembahasannya menjadi undang-undang,” kata Anies menjawab pertanyaan Ganjar Pranowo.

HAN REVANDA PUTRA

Pilihan Redaksi: Wakapolri prediksi peningkatan lalu lintas warga saat libur Natal dan Tahun Baru sebesar 143,6 persen



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *