BRI mengunggulkan Segmen Ultra Mikro sebagai sumber pertumbuhan

Uncategorized201 Dilihat

Informasi bisnis – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pada tahun ini akan terus fokus pada UMKM, khususnya terkait energi. Hingga akhir Desember 2023, penyaluran kredit BRI kepada UMKM sebesar Rp1.068,7 miliar.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta para pelaku industri keuangan untuk terus menjaga perekonomian Indonesia inklusif dan berkelanjutan di tengah situasi geopolitik yang masih tidak menentu. Hal itu disampaikan Presiden pada Rapat Tahunan Jasa Keuangan 2024, 20 Februari 2024.

“Yang kurang penting adalah dukungan kita terhadap UMKM melalui perbankan dan asuransi. Kata Presiden, “Sementara kredit perbankan untuk UMKM saat ini sudah 19 persen, ini perlu kemajuan, kita perlu rencana agar ada peningkatan dan kredit perbankan ke UMKM juga begitu. agar kita bisa melihat UMKM tumbuh dengan baik,” kata Presiden.

Terkait hal tersebut, BRI menargetkan rencana pertumbuhan kredit UMKM sebesar 11-12 persen pada tahun 2024 adalah sekitar 11-12 persen,” kata Direktur. Utama BRI Sunarso, baru-baru ini.

Tertulis pada tahun 2023 BRI berhasil meningkatkan penyaluran kredit tumbuh 11,2 persen yo menjadi Rp 1.266,4 triliun. Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan penyaluran kredit perbankan nasional yang sebesar 10,4 persen yoy pada tahun 2023.

“Kredit BRI nilainya 1,266 miliar. Artinya bisa tumbuh 11,2 persen dan yang paling menarik dan penting bagi BRI adalah kita fokus pada UMKM dan rasio kredit UMKM BRI sebesar 84,38 persen. “Target kami mencapai 85 persen pada tahun 2025,” imbuhnya.

Inisiatif BRI, kata Sunarso, merupakan yang pertama yang fokus pada UMKM, khususnya ultra mikro. Oleh karena itu, kinerja dan strategi Holding Ultra Micro (UMi) sebagai sumber baru terus dilakukan. Sedangkan dari sisi ekspansi, UMi Holding sudah memasuki tahun ketiga dan berhasil menambah 6 juta kreditur, sehingga dari 31 juta kreditur pertama (13 September 2021) berhasil melayani mereka yang membayar utang kurang dari 37 juta untuk mendapatkan . ketersediaan uang tunai umum (per Desember 2023).

Baca Juga  Tak hanya mendapat nominasi, Miley Cyrus juga akan tampil di Grammy Awards 2024

Selain itu, jumlah nasabah pemegang ultra mikro telah mencapai 37 juta peminjam. Keberhasilan BRI Group menyasar nasabah di sektor ultra mikro berdampak pada berkurangnya jumlah nasabah yang tidak memiliki akses pembiayaan.

Prestasi lain yang dibukukan Holding UMi adalah menyalurkan dana sebesar Rp53 triliun melalui kredit digital atau cashless kepada lebih dari 8,6 juta nasabah. Holding UMi juga telah mengintegrasikan lebih dari 31 juta data untuk digunakan untuk tujuan pemasaran. “Menggelar Ultra Mikro memang semangat beliau untuk efisien dan efektif dalam mendukung UMKM, sehingga BRI dapat memperluas layanan kepada sebanyak-banyaknya masyarakat dengan cara dan upah yang sebaik-baiknya,” kata Sunarso.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *