Bos Bulog Sebut Harga Beras Akan Terus Naik: Belum ada tanda-tanda menggembirakan

Uncategorized549 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Direktur Utama Perum Logistik Kata Bayu Krishnamurthy harga beras dan Indonesia akan terus bangkit pada tahun ini. Menurut dia, permasalahan utamanya adalah penurunan produksi dalam negeri yang belum pulih.

“Ini sungguh sulit bagi Indonesia. BPS “(Badan Pusat Statistik) menyatakan Januari-Februari Indonesia masih kekurangan beras dalam jumlah besar,” kata Bayu di kantor Perum Bulog, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Januari 2023.

Bayu mengatakan penurunan produksi terjadi karena beberapa pabrik di Pulau Jawa mengalami kemunduran saat musim tanam. Sebab, musim panen akan tertunda sehingga impor beras dari dalam negeri masih sulit.

Berdasarkan laman harga pangan Badan Pangan Nasional, harga beras medium pada hari ini 11 Januari 2024 naik 0,15 persen menjadi Rp 13.310 per kilogram. Saat ini, beras terbaik dibanderol dengan harga Rp 15.010 per kilogram.

Meski demikian, dia mengatakan pihaknya akan berupaya menjaga harga beras dengan menggalakkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga (SPHP). Bulog akan melepas beras SPHP seharga Rp 10.900 per kilogram untuk meredam kenaikan harga beras saat ini.

Periklanan

Dikatakannya, program SPHP akan diperluas mulai Februari atau Maret 2024. Jika program ini tidak bisa menurunkan harga beras, menurut Bayu, setidaknya satu desa yang membutuhkan sumber daya tersebut kini sudah memiliki beras.

“Kami juga menjanjikan fleksibilitas, karena yang lebih menakutkan dari harga tinggi adalah harga yang tiba-tiba tidak jelas,” ujarnya.

Jadi setidaknya, menurut dia, dalam dua atau tiga minggu ke depan harga beras sudah terjamin. Ia berharap kedepannya produksi beras di Indonesia semakin membaik dan penyediaan beras impor juga dapat meningkatkan pendapatan pemerintah. Sehingga, harga beras di pasaran akan segera turun.

Baca Juga  Lionel Messi menyebut timnas Argentina semakin mendekati level Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola

Pilihan Editor: Analis CIPS Sebut Harga Beras Akan Mencapai Puncaknya Pada Tahun 2024, Ini Alasannya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *