Begitulah proses penyidikan dugaan pemerasan terhadap anggota SYL sebelum Firli Bahuri menjadi tersangka.

Uncategorized169 Dilihat

Perusahaan Tempo.CO, Jakarta – Salah satu saksi praperadilan Firli Bahuri Hari ini, Denny Siregar menjelaskan proses penyidikan kasus dugaan pidana tersebut sebelum menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif itu sebagai tersangka. Menurut Denny, timnya telah melakukan penyelidikan dan memeriksa 90 saksi dan tujuh ahli.

Sebelum menetapkan tersangka, kami melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, kata anggota Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat, 15 Desember 2023.

Dalam pemeriksaan, lanjut Denny, Firli diperiksa sebagai saksi. Pensiunan polisi itu termasuk di antara 90 saksi yang diperiksa terkait pemerasan mantan Menteri Pertanian itu. Syahrul Yasin Limpo.

Denny memastikan para saksi tidak diambil secara pribadi atau tanpa disadari. Tentu saja ada hubungannya dengan kasus ini, katanya.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga akhirnya Firli menjadi tersangka. Denny menjelaskan, penyidik ​​Polda Metro Jaya menetapkan Firli sebagai tersangka berdasarkan empat alat bukti.

Periklanan

“Kami punya keterangan saksi, surat, bukti. Lalu kami minta keterangan ahli ada kecocokan,” ujarnya.

Menolak penetapan sebagai tersangka, Firli mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebelum persidangan. Sidang praperadilan untuk menguji benar atau tidaknya keputusan tersangka digelar pada Senin, 11 Desember 2023. Termohon adalah Kapolda Metro Jaya.

Dalam kasus hari ini, kuasa hukum tergugat ingin menunjukkan bahwa perkara pidana terhadap Firli Bahuri sudah diselidiki. Tujuannya adalah untuk menghilangkan keraguan terhadap kekurangan penelitian yang dikemukakan peneliti. Polda Metro Jaya menghadirkan dua orang saksi untuk memberikan keterangannya di hadapan hakim tunggal Imelda Herawati.

Pilihan Redaksi: Tak Bisa Perbaiki Jalan Rusak di Parung Panjang, Bupati Bogor: Akan Jadi Penemuan

Baca Juga  OJK Cabut Izin Usaha BPR Wijaya Kusuma, Kenapa?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *